Puluhan Wartawan PWI Ikut Uji Kompetensi di Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa – Puluhan orang wartawan dibawah naungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se provinsi NTB mengikuti Uji Kompetensi Wartawan yang dilaksanakan di Aula Hotel Grand Sumbawa, Jum’at 15 Juli 2022.

Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah membuka secara resmi kegiatan UKW yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa ini. Hadir pula Ketua PWI NTB, Ketua Dewan Pers, Ketua PWI Sumbawa, Anggota Forkopimda, serta Kadis Kominfotiksan Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati Mahmud Abdullah menyampaikan selamat dan apresiasi atas pelaksanaan UKW. Bupati berharap para wartawan semakin profesional dalam menyajikan berita yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat.

Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah bersama Ketua PWI NTB dan Forkopimda berfoto bersama para wartawan peswrta Uji Kompetensi

Menurutnya, profesional yang dimaksud tidak hanya dimaknai dari satu keping pemahaman tentang kompetensi teknis semata, namun juga dilengkapi dengan keping yang lain yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu kompetensi etis.
Bupati juga berterima kasih kepada para wartawan yang telah berperan dalam menyajikan berita baik seputar MXGP Samota 2022, sehingga event internasional tersebut sukses diselenggarakan di Kabupaten Sumbawa.

“Alhamdulillah, event yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Sumbawa dan NTB ini berlangsung dengan meriah dan sukses, dan ini tidak terlepas dari peran teman-teman wartawan. Semoga dengan suksesnya penyelenggaraan MXGP Samota 2022 ini, ke depan, Sumbawa akan kembali diperhitungkan sebagai lokasi penyelenggaraan event-event kelas dunia lainnya,” harap Bupati.

Ketua PWI Pusat yang diwakili Ketua PWI NTB, Nasruddin, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Bupati Sumbawa atas sambutan dan dukungannya terhadap pelaksanaan UKW.

Disampaikan Nasruddin, tujuan pelaksanaan UKW adalah untuk melahirkan wartawan-wartawan yang profesional. Menurutnya, profesionalitas seorang wartawan diukur dari perilaku dan keilmuannya. Selain itu, wartawan juga harus senantiasa menjaga itikad baik, yang merupakan ayat pertama dalam kode etik jurnalistik.

“Wartawan bisa berfungsi sebagai ‘malaikat’ ketika mengawali tugas-tugas jurnalistik dengan itikad dan niat baik”, ujarnya. Ia berharap, para wartawan senantiasa menjunjung tinggi profesionalitas dan kode etik jurnalistik.

“Jangan berbalas ‘pantun’ pada konteks yang tidak produktif, jangan menebar fitnah, dan jangan membuat konten-konten yang provokatif serta adu domba,” pesannya kepada para wartawan.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Sumbawa, Zainuddin, SE, dalam laporannya menyebutkan kegiatan UKW diikuti oleh 21 wartawan Se-Provinsi NTB yang terbagi dalam 4 kelas. Ujian dilaksanakan dari tanggal 15 – 16 Juli 2022, dan akan dilanjutkan dengan Press Trip ke Pulau Moyo tanggal 17 Juli 2022. Zainuddin juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa atas dukungannya terhadap pelaksanaan UKW.(JK)

Komentar