49 Desa di Sumbawa Dilanda Kekeringan, 17.075 KK Terdampak

KabarNTB, Sumbawa – Sebanyak 49 desa di 18 kecamatan di Kabupaten Sumbawa mengalami bencana kekeringan.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa menyebut, 18 kecamatan mengalami bencana kekeringan ditengah musim kemarau ini meliputi Badas, Alas, Buer, Utara, dan Untir Iwis
Kemudian Lenangguar, Moyo Utara, Alas Barat, Rhee, Lape, serta Moyo Hulu.

Juga Kecamatan Labangka, Empang, Plampang, Lopok, Tarano, Moyo Hilir dan Maronge. Data itu juga menyebut bencana kekeringan tersebut berdampak pada 17.075 kepala keluarga.

Kabid Kedaruratan dan Ligistik BPBD Kabupaten Sumbawa Rusdianto AR MPd menyebut pihaknya telah mendrop air bersih sebagai tindakan darurat untuk membantu warga.

Seorang ibu rumah tangga di salah satu desa yang dilanda kekeringan usai mengantri air bersih yang disuplai BPBD Sumbawa

Namun karena keterbatasan mobil tangki, belum semua desa yang dilanda kekeringan itu dapat dipasok air bersih.

“Mobil tangki yang ada belum mampu memback up semua wilayah kekeringan,” ungkap Rusdianto seraya menyebut kecamatan yang sudah dibantu air bersih meliputi Alas Barat, Alas, Buer, Moyo Utara, Badas, Lape, Maronge dan Plampang.

Menjawab volume air bersih yang didrop, Rusdianto yang tengah berada di Universitas Negeri Malang mengikuti wisuda Program Doktoral mengatakan variatif. Tergantung kebutuhan atau jumlah warga terdampak. (IR)

Komentar