Lintas Etnis Dilibatkan di Musakara Rea LATS

KabarNTB, Sumbawa – Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) mengundang lintas etnis di Sumbawa untuk memeriahkan musakara rea yang berlangsung di Istana Tua Dalam Loka 26 – 28 Oktober mendatang.

Kepastian mengundang lintas etnis itu disampaikan Ketua Panitia Musakara Rea LATS, Syukri Rahmat.

“Untuk memeriahkan musakara rea yang pelaksanaannya setiap 5 tahun sekali, kami mengundang partisipasi etnis-etnis lainnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lintas Etnis (FKLE) Kabupaten Sumbawa,” papar Syukri.

Menurut Syukri, keikutsertaan lintas etnis itu sebagai peninjau diacara persidangan pada forum permusyawaratan tertinggi LATS yang menjadi wadah konsolidasi organisasi dan pertemuan para tokoh adat budaya dan agama Tau Samawa.

“Untuk Forum Lintas Etnis, kita minta dua orang pengurusnya sebagai peninjau. Sementara untuk Kerukunan atau Keluarga etnis kami minta satu orang perwakilan,”papar Ketua MUI Kabupaten Sumbawa ini.

Namun untuk kegiatan budaya dan pentas seni di musakara rea, Syukri mengatakan lintas etnis diundang untuk lebih aktif dalam hal mengikuti parade budaya sebagai bagian dari prosesi penerimaan adat peserta Musakara.

Parade budaya ini berlangsung pada tanggal 28 Oktober 2022 sore dari Istana Bala Kuning dan berakhir di Istana Tua Dalam Loka.

“Kami berharap lintas etnis juga berpartisipasi dalam pentas seni budaya,” tandas Syukri. (IR)

Komentar