Pelamar dari Luar Tidak Kurangi Kuota Tenaga Lokal di Proyek Konstruksi Smelter

KabarNTB, Sumbawa Barat – Wakil Ketua Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga Kerja proyek konstruksi smelter di Kecamatan Maluk, Amar Nurmansyah, menjamin kuota rekrutmen tenaga kerja lokal tetap sebanyak 1.200 orang, meski banyak tenaga dari luar daerah yang ikut melamar.

“Kami tetap berkomitmen, 1.200 (tenaga kerja yang direkrut) itu dari lokal KSB,” tegas Amar yang juga Sekretaris Daerah KSB, dalam kegiatan silaturahmi dengan masyarakat lingkungan Muhajirin Kelurahan Sampir, Ahad malam 4 September 2022.

Penegasan tersebut, menjawab pertanyaan salah seorang pencari kerja yang hadir dalam kegiatan silaturahmi yang mempertanyakan perihal banyaknya pencari kerja dari luar KSB yang juga ikut melamar dan dinyatakan lulus administrasi.

Wakil Ketua Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga Kerja Smelter yang juga Sekda KSB, Amar Nurmansyah

“Sebelumnya Dinas Tenaga Kerja Provinsi NTB mengingatkan Tim Terpadu bahwa aplikasi SIPKANTI (aplikasi pengajuan lamaran) juga mesti mengakomodir pelamar dari daerah lain. Karena itu di aplikasi kemudian ditambahkan tombol ‘lainnya’ (terkait domisili pelamar),”.

“1.200 itu atau 60 persen dari total 2.000 orang tenaga kerja yang direkrut dan full harus lokal KSB,” timpalnya.

Sebelumnya, pada 25 Agustus lalu Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga Kerja Pembangunan Pabrik Smelter mengumumkan hasil seleksi Administrasi.

Dari pengumuman itu, total jumlah pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebanyak 1.975 orang dari total sebanyak 4.253 orang yang mengajukan lamaran melalui Link SIPKANTI.

Untuk pelamar ganda sebanyak 630 orang dan pelamar tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 1.649 orang.

Pelamar yang dinyatakan TMS diberi kesempatan untuk mengajukan sanggahan selama tiga hari sejak 26 – 28 Agustus 2022.

Anggota Tim Terpadu, Benny Tanaya mengatakan, dari sebanyak 1.649 pelamar yang dinyatakan TMS, hanya 268 pelamar yang datang melakukan sanggahan.

“Rapat pleno tim terpadu pada tanggal 1 September 2022 terkait masa sanggah memutuskan dari 268 pelamar yang mengajukan sanggahan itu, hanya 52 orang yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan bergabung dengan pelamar lain yang sebelumnya telah dinyatakan memenuhi syarat¬† administrasi,” jelasnya.

Dengan adanya penambahan dari hasil masa sanggah ini, maka total jumlah pelamar yang dinyatakan MS sebanyak 2.027 orang.

Selanjutnya mereka akan mengikuti tahapan tes berikutnya yaitu tes tulis dan wawancara yang waktunya akan ditentukan  melalui rapat pleno tim terpadu pada Kamis pekan ini.(EZ)

Komentar