Wabup Sumbawa Tekankan Pentingnya Posyandu Keluarga untuk Pelayanan Kesehatan Dasar

KabarNTB, Sumbawa – Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, menegaskan keberadaan posyandu menjadi hal penting yang harus ada di tengah masyarakat.

Berbicara di kegiatan penilaian Lomba Posyandu Keluarga Tingkat Provinsi NTB Tahun 2022, Kamis (22/9), di Posyandu Keluarga Mawar Putih, Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwes, Wabup menyatakan Posyandu merupakan sarana pelayanan kesehatan dasar di tingkat paling bawah, yang sudah menjadi milik masyarakat serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat.

Ia menjelaskan, misi posyandu keluarga sejalan dengan kebijakan pemerintah yaitu program indonesia sehat melalui pendekatan keluarga (PIS-PK). PIS-PK menekankan pentingnya pemberdayaan di tingkat keluarga, agar semua anggota keluarga mampu secara mandiri mendeteksi permasalahan kesehatan serta mampu mengatasinya dengan bantuan teknis dari petugas kesehatan dan unsur masyarakat.

Karena itu, Lomba Posyandu Keluarga, diharapkan Wabup bisa menjadi momentum bagi 742 Posyandu Keluarga di Kabupaten Sumbawa untuk terus berbenah.

“Posyandu Keluarga harus terus berupaya meningkatkan kinerja, memperluas sasaran, memadukan program, dan membenahi manajemen, serta melakukan pendekatan keluarga melalui kegiatan secara rutin tiap bulan, dengan cakupan 5 program utama, yaitu KIA, KB, Imunisasi, Gizi dan Diare,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas PMPD DUKCAPIL Provinsi NTB, H Ashari, sekaligus Penanggung Jawab Tim Penilai Posyandu Keluarga Tingkat Provinsi NTB, meminta Desa/Kelurahan memfasilitasi dengan regulasi tentang Posyandu untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan peraturan daerah.

“Semoga di seluruh posyandu yang berada di Kab. Sumbawa khususnya sudah menggunakan alat kesehatan yang modern atau yang berkualitas, seperti alat pengukur tinggi badan, berat badan dan lainnya,” tandasnya.(JK)

Komentar