Bupati Sumbawa Kepada Cakades : Deklarasi Damai Wajib Dipenuhi

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah mengingatkan deklarasi damai yang diikuti para calon kepala desa bukan sekedar ikrar, tapi merupakan janji.

“Deklarasi damai ini bukan sekedar deklarasi. Tapi janji yang patut dipenuhi,” kata Haji Mo sapaan akrab Mahmud Abdullah saat menghadiri deklarasi damai pemilihan kepala desa serentak, Kamis (20/10).

Deklarasi damai itu diikuti 73 calon kepala desa di 20 desa pada 13 kecamatan. Pilkades serentak tersebut berlangsung 2 November 2022 mendatang.

Lebih lanjut dikatakannya, bila ada permasalahan pada proses pilkades tersebut ada aturan dan ketentuan yang berlaku. “Kalau ada permasalahan, sampaikan melalui koridor hukum yang berlaku,” tandasnya.

Ia mengatakan, salah satu isi deklarasi damai yang dibaca serentak oleh calon kepala desa adalah siap kalah dan siap menang. Isi deklarasi itu gampang diungkapkan namun susah dilaksanakan, terlebih dibumbui oleh tindakan yang tidak sportif.

“Siapa yang menang, sudah ditentukan oleh Allah. Kalau menang, ya menang. Begitupu kalau kalah, Allah sudah menentukan,” paparnya.

Pada tahun ini, Pemda Sumbawa menggelar pilkades serentak di 20 desa. Tahun depan sebanyak 18 desa dan tahun 2026 sebanyak 119 desa. (IR)

Komentar