Usai Lebaran, Sirkuit Samota Dipermak, Tribun VVIP dan Kolam Ditambah

Sumbawa Besar, KabarNTB

Penampakan Sirkuit Samota Kabupaten Sumbawa, NTB, pada MXGP 2023, sedikit berbeda dari MXGP 2022 lalu. Meski panjang dan alur track-nya tidak berbeda, namun fasilitas dan sarpras yang ada di dalamnya akan bertambah.
Salah satu faktornya adalah status kepemilikan lahan, dari sebelumnya pinjam pakai, kini telah menjadi milik Pemda Sumbawa, dengan luas lahan sekitar 70 hektar.

Dengan status milik Pemda, maka lahan tersebut bisa dipermak sesuai keinginan, termasuk mendirikan berbagai fasilitas secara permanen.

Asisten Pembangunan Sekda Sumbawa, Lalu Suharmadji ST., MT, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/4/2023), mengatakan, perbaikan Sirkuit MXGP Samota mulai dilakukan pada 18 Mei 2023.

Sirkuit didesain oleh Mr. Greg selaku perancang Sirkuit MXGP dari Infront. Untuk perbaikan Sirkuit MXGP Samota, tidak terlalu berat. Hanya membenahi lapisan tanah. Sebab selama setahun tidak terpakai, lapisan tanah menyatu di satu tempat, karena tergerus air hujan. Di lokasi sirkuit juga akan ditambah jumlah kolam dari sebelumnya 4 menjadi 6 kolam. Kemudian dibangun sumur bor di beberapa titik untuk memenuhi kebutuhan air.

Selanjutnya tribun VVIP juga ditambah dari satu menjadi dua tempat dengan desain yang lebih representatif. Satunya berada di tengah sirkuit sehingga penonton bisa melihat lokasi itu dengan backround pegunungan sekaligus pemandangan laut. Untuk mengakses VVIP ini melalui terowongan yang atasnya merupakan jalur motor. “Saat melewati terowongan itu, ada sensasi yang dirasakan, karena di atasnya dilintasi para raider yang sedang menggeber motornya,” ujar Mamiq Suharmadji, sapaan akrab pejabat yang dipercaya menjadi komandan lapangan.
Untuk diketahui, track Sirkuit Samota memiliki 18 tikungan, 11 tantangan, dan panjangnya 1,9 kilometer.

Kondisi track di Sirkuit Samota mengikuti kontur lokasi dengan perbukitan dan landscape yang indah seputar 360 derajat mata memandang. Sirkuit MXGP Samota memiliki 3 pintu yakni, pintu masuk penonton, pintu khusus di jalur tengah sebagai akses emergency dan pintu VVIP.
Pemandangan di sirkuit Samota, hamparan lautan memagari utara sirkuit, dan Pulau Moyo mengintip cantik di sisi timur sirkuit. Selanjutnya Jembatan Samota kokoh menyambut kehadiran para peserta dan tamu. (IR)

Komentar