Kontingen Taliwang Raih Juara Umum di POPKAB KSB 2023

KabarNTB, Sumbawa Barat – Kecamatan Taliwang berhasil menjadi juara umum dalam Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (POPKAB) Sumbawa Barat Tahun 2023 yang resmi ditutup, Sabtu 16 September 2023.

Para pelajar dari Kecamatan Taliwang berhasil mengoleksi 18 medali dengan rincian 8 medali emas, 4 perak dan 6 perunggu, jauh diatas kontingen Kecamatan Seteluk yang berada di posisi kedua dengan perolehan 2 emas, 4 perak dan 2 perunggu. Sedangkan di posisi ketiga ditempati kontingen Kecamatan Brang Rea dengan 1 emas dan 2 perak.

Kontingan kecamatan Poto Tano harus puas berada di posisi keempat dengan 1 medali perak, disusul Kecamatan Sekongkang dengan 2 medali perunggu, dan kontingan kecamatan Jereweh dengan 1 perunggu. Kontingen dari Kecamatan Brang Ene dan Maluk berada di posisi ketujuh dan kedelapan tanpa perolehan medali.

Kepala Dinas Parpora KSB, Drs Burhanuddin (tengah) berfoto bersama para ketua kontingen usai penutupan POPKAB KSB 2023

POBKAB KSB yang terselenggara atas kerjasama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Parpora KSB, Drs Burhanuddin, di GOR Magaparang, Sabtu sore. Event olahraga yang diikuti para pelajar SMP dan SMA se-KSB itu telah berlangsung sejak 12 September lalu dan mempertandingkan 6 cabang olahraga, yakni sepak bola, pencak silat, bola voly, karate, bulu tangkis dan atletik.

Kadis Parpora Drs Buharnuddin dalam sambutannya di acara penutupan, menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh sekolah dan pelajar yang telah terlibat dan menjadi atlet mewakili masing-masing kecamatan di ajang tersebut. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada IGORNAS yang telah berperan sangat baik dalam pembinaan pelajar di setiap sekolah sehingga mampu mencetak prestasi di bidang olahraga.

“Terima kasih atas keterlibatan semua pihak sehingga POPKAB ini bisa berlangsung lancar dan sukses. Kegiatan ini disamping sebagai ajang seleksi para pelajar yang akan mewakili daerah kita di POPDA NTB tahun 2024 mendatang, juga menjadi momentum memperkuat silaturahmi dan melatih diri bagi para pelajar untuk menjadi atlet yang berprestasi dengan menjunjung tinggi sportifitas dan profesionalitas,” urainya.

Sementara Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparpora, Indra Jaya Nur S.Pt, dalam laporannya mengatakan, para juara dalam POBKAB KSB selanjutnya akan menjali pembinaan intensif sebelum dikirim menjadi wakil KSB di POPDA NTB 2024 mendatang. Selain mendapat medali dan piagam penghargaan, para juara juga berhak atas hadiah uang pembinaan dari Pemerintah Daerah.

“Penyelenggaraan POPKAB ini merupakan wujud dari keseriusan pemerintah daerah melalui Dinas Parpora dalam pengembangan olahraga di Sumbawa Barat. Kedepan kita berharap para atlet yang terseleksi melalui ajang ini akan mampu mengharumkan nama daerah dengan capaian prestasi terbaik di event – event tingkat regional, nasional, bahkan dunia,” ujarnya.

Berikut data lengkap perolehan medali masing-masing kontingen di POPKAB KSB 2023 :

1. Taliwang : 8 Emas, 4 Perak, 6 Perunggu = Total 18 Medali
2. Seteluk : 2 Emas, 4 Perak, 2 Perunggu = Total 8 Medali
3. Brang Rea : 1 Emas, 2 Perak = Total 3 Medali
4. Poto Tano : 1 Perak = Total 1 Medali
5. Sekongkang : 2 Perunggu = Total 2 Medali
6. Jereweh : 1 Perunggu = Total 1 Medali
7. Brang Ene : Total 0 Medali
8. Maluk : Total 0 Medali.(EZ)

iklan

Komentar