Dikes Lotim Kaji Tiru Integrasi Layanan Primer di KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Timur melaksanakan kegiatan Kaji Tiru Integrasi Layanan Primer (ILP) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Rombongan dari Dikes Lotim yang dipimpin Kepala Dinas terkait, mengunjungi Puskemas Jereweh yang merupakan Puskesmas dengan Integrasi Layanan Primer terbaik, Senin 30 Oktober 2023. Rombongan yang berjumlah 45 orang, termasuk para kepala Puskesmas se-Kabupaten Lombok Timur itu melihat langsung implementasi ILP di Puskesmas Jereweh.

Rombongan Dikes Kabupaten Lombok Timur di kegiatan Kaji Tiru implementasi ILP di Puskesmas Jereweh KSB

Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Hj. Erna Idawati SE dalam sambutan penerimaannya di Aula Puskesmas Jereweh, menjelaskan bahwa Puskesmas Jereweh merupakan salah satu dari 9 lokus uji coba penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Indonesia, sebagai perwakilan Provinsi NTB,

“Puskesmas Jereweh menjadi puskesmas dengan indeks kesiapan tertinggi dalam melanjutkan penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer,” ungkapnya.

Hj. Erna juga menyampaikan bahwa suksesnya uji coba penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di KSB tidak terlepas dari adanya dukungan dari pemerintah daerah, baik dukungan regulasi maupun dukungan anggaran.

“Dan tidak kalah pentingnya lagi adanya dukungan dan komitmen yang kuat dari lintas sektor terkait,” imbuhnya.

Sementara Kepala dinas Kesehatan Lombok Timur, Dr. H. Pathurrahman, SKM.,MAP, mengaku bangga dengan apa yang diraih oleh Puskesmas Jereweh karena mewakili Provinsi NTB sebagai yang terbaik di tingkat nasional.

“Ini salah satu yang membuat kami sangat tertarik untuk datang melakukan Kaji Tiru di Puskesmas Jereweh dan Pustu/ Posyandu Prima serta Posyandu Keluarga Gotong Royong yang ada di Kab. Sumbawa Barat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Rombongam Dikes Lotim juga mendengar langsung pemaparan Kepala Puskesmas Jereweh. Mereka juga melihat secara langsung dan berdiskusi dengan petugas kesehatan tentang bagaimana pelayanan di masing – masing klaster.

Usai melihat pelayanan di Puskesmas, rombongan juga berkunjung ke semua Pustu/Posyandu Prima dan juga salah satu Posyandu keluarga gotong royong yang ada di wilayah kerja puskesmas Jereweh.

Camat Jereweh Muhammad Solihin yang hadir dan mendampingi kegiatan Kaji Tiru tersebut, mengatakan, dukungan dan komitmen bersama dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk implementasi ILP di setiap wikayah.

“Dukungan terutama dari pemerintah kecamatan dan pemerintah desa yang merupakan pemilik wilayah dari Puskesmas dan Pustu/Posyandu Prima,” tandasnya. (Promkes Dikes/EZ)

Komentar