Rafiq : Rakernas IV PDIP Lahirkan Rekomendasi Pro Kedaulatan Pangan dan Kepegawaian.

Jakarta, KabarNTB

Rakernas IV PDI Perjuangan yang berakhir Minggu (01/10) melahirkan rekomendasi untuk penguatan internal partai maupun rekomendasi kepada pemerintah pada sektor strategis dalam pembangunan nasional. Demikian diungkapkan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq SH di Jakarta.

Masih kata Rafiq juga Ketua DPRD Sumbawa ini, rakernas membedah masalah tenaga honorer. “Diantara yang menjadi rekomendasi rakernas adalah kepada pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan persoalan status kepegawaian dan kesejahteraan tenaga honorer seperti guru, dosen, bidan perawat, pendamping desa, pendamping PKH, penyuluh pertanian dan perikanan dan lain-lain termasuk tenaga honorer pada instansi penyelenggaraan pemilu,” ungkap Rafiq.

Selain itu, rakernas juga merekomendasikan kepada pemerintah untuk membentuk atau mengalihfungsikan bank milik pemerintah menjadi bank pertanian. Tujuannya meningkatkan akses pembiayaan kepada petani dan nelayan serta menegaskan kepada lembaga penelitian untuk fokus pada penelitian pengembangan produksi pertanian dan pengembangan peralatan pertanian.

Direkomendasi pula untuk mendorong perubahan undang-undang dan peraturan peraturan daerah lainnya sebagai landasan hukuk mewujudkan kebijakan kedaulatan pangan. (IR)

Komentar