Norvie PKS : Koalisi Perubahan untuk Pilpres, Pilkada Bisa Berbeda

KabarNTB, Sumbawa Barat – Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumbawa Barat, Norvie Apeeriansyani menegaskan bahwa koalisi perubahan yang beranggotakan PKS, Partai Nasdem dan PKB, dibentuk untuk mengusung dan memenangkan pasangan Calon di Pilpres mendatang.

Sementara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkda) semua parpol peserta koalisi pengusung pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) itu bebas mengambil langkah politik, termasuk dalam menentukan figure yang akan diusung. Artinya koalisi tersebut (sejauh ini) tidak linear dari pusat hingga ke daerah.

Penegasan itu disampaikan Norvie menjawab pertanyaan perihal DPD PKS KSB yang telah merekomendasikan Amar Nurmansyah ke DPW PKS NTB dan DPP PKS untuk di SK-kan sebagai bakal calon kepala daerah yang akan diusung PKS di Pilkada KSB 2024 mendatang.

Amar Nurmansyah sendiri adalah figur non partai. Ia adalah birokrat yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa Barat.

“Oh tidak, tidak ada ketentuan itu (harus linear,red). Kita profesional saja. Ketika kita koalisi Pilpres ya kita menangkan Pilpres, pasangan AMIN jelas, koalisi dengan Nasdem dan PKB. Nda ada hubungan dengan Pilkada,” ucap Norvie.

Karena itu, sambung Norvie, untuk Pemilihan Kepala Daerah, PKS fleksibel (tidak harus sama dengan parpol anggota koalisi perubahan lainnya,red).

Seperti diberitakan, DPD PKS KSB telah melaksanakan proses panjang penjaringan figure bakal calon yang akan diusung di Pilkada KSB 2024 mendatang. Dari sejumlah nama yang muncul dari aspirasi kader, pengurus DPD, Dewan Pakar dan para tokoh masyarakat yang dimintai masukan oleh PKS mengrucut ke satu nama, yakni Amar Nurmansyah yang saat ini menjabat sebagai Sekda KSB.

Norvie mengungkap, DPD PKS KSB telah mengirimkan nama tersebut dalam bentuk rekomendasi ke DPW PKS NTB untuk ditelaah dan diteruskan ke DPP PKS untuk selanjutnya akan diterbitkan SK Pendahuluan untuk Amar Nurmansyah sebagai Bakal Calon yang akan diusung di Pilkada nanti. Ia sendiri memperkirakan SK pendahuluan itu akan terbit dalam bulan Desember mendatang.(EZ)

Komentar