Pemda Sumbawa dan RST Ksatria Airlangga Kolaborasi Sediakan Pengobatan Gratis

Sumbawa Besar, KabarNTB

Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RST KA), Unar, menggelar program pengobatan gratis.

Kepala Dinas Kesehatan, Junaidi, Selasa (28/11) mengatakan kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Pemda Sumbawa dan RSTKA Univeristas Airlangga, Surabaya.

Dikatakan, pada tanggal 27 November, Tim Kesehatan dari RSTKA, yang merupakan bagian dari Universitas Airlangga Surabaya, resmi diberangkatkan untuk melaksanakan misi bakti sosial di Pulau Medang selama 2 hari.

“Acara ini mendapatkan dukungan resmi dari Bupati Sumbawa, mencerminkan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang merata,” katanya.

Tim kapal RS TKA fokus pada pelayanan kesehatan umum selama dua hari di Pulau Medang.

Kemudian lanjutnya, tim akan melayani pengobatan gratis meliputi layanan penyakit dalam, kandungan, bedah, dan pediatrik pada tanggal 29 dan 30 November. Selain itu, pelayanan juga diselenggarakan mulai tanggal 27 hingga 30 November 2023 dan skrining jantung di rumah Sakit Sering.

“Sementara itu, pada tanggal 29 November hingga 1 Desember, tim juga berencana untuk menyelenggarakan operasi katarak gratis di RSMA,” ungkapnya.

Dr Nieta Ariyani, Direktur RSUD Sumbawa, menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. RSUD Sumbawa yang berlokasi di Sering, dipersiapkan sebagai lokasi pelaksanaan operasi katarak gratis dari Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga.

“Kami berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung melalui pelayanan kesehatan, tetapi juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan kesehatan,” katanya.

“Dengan kerjasama yang baik, diharapkan terbentuk sinergi berkelanjutan untuk mendukung kesejahteraan dan kesehatan masyarakat secara menyeluruh,” pungkasnya. (IR)

Komentar