Tiga Petarung PDIP Siap Realisasikan 3 Kursi di Dapil KSB 2

KabarNTB, Sumbawa Barat – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumbawa Barat, tidak main-main dengan target 7 kursi di DPRD pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Hal itu terbaca dari komposisi Calon Legislatif yang dipasang di setiap Daerah Pemilihan (Dapil). Di Dapil KSB 2 (Poto Tano, Seteluk, Brang Rea dan Brang Ene), misalnya,. Dari 9 alokasi kursi DPRD di Dapil tersebut, PDIP memasang jumlah maksimal (9 caleg) dimana tiga orang diantaranya adalah petarung yang memiliki kapasitas mumpuni dari sisi elektabilitas sebagai figure.

Figure pertama dari tiga Caleg petarung itu adalah Nurjanah. Hampir semua warga KSB kenal sosok perempuan pertama dari Kecamatan Brang Rea yang berhasil duduk di DPRD itu. Di Pemilu 2019 lalu, Nurjanah yang saat itu berstatus ibu rumah tangga dan pendatang baru di dunia politik lokal KSB membuat semua orang tercengang.

Bukan hanya karena ia berhasil terpilih menjadi legislator untuk periode 2019-2024, tapi juga karena berhasil mengalahkan seluruh Caleg dari seluruh parpol peserta Pemilu 2019 di KSB.

Ya. Nurjanah berhasil menjadi Caleg peraih suara terbanyak di KSB. Ia melenggang dengan mulus menduduki satu dari dua kursi PDIP di Dapil KSB 2 di DPRD periode 2019 – 2024.

Petarung kedua yang dipasang PDIP di Dapil KSB 2 adalah Hasanuddin. Ia incumben yang menjadi kolega Nurjanah di DPRD KSB. Politisi yang kerap dijuluki ‘Raja Mantar’ itu juga memiliki elektabilitas mumpuni. Ia meraup suara signifikan di wilayah Kecamatan Poto Tano, khususnya di sejumlah dusun di Desa Mantar dan Desa Kiantar. Kontribusi suaranya mengantarkan PDIP menjadi satu-satunya Parpol yang berhasil meraih 2 kursi di Dapil KSB 2.

Di Pemilu 14 Februari 2023 nanti, PDIP memasang target 3 kursi di dapil KSB 2, sama dengan target di Dapil KSB 1 (Taliwang). Untuk merealisasikan target itu, satu orang petarung lainnya dipasang PDIP. Ia adalah seorang pendatang baru, yakni Santri Yusmulyadi.

Pemilu 2024 merupakan debut bagi Santri terjun dalam panasnya persaingan politik lokal KSB. Namun dengan rekam jejak sebagai pengusaha muda yang cukup sukses, banyak pihak menilai Santri akan menjadi lawan tanding yang tangguh bagi caleg lain di internal PDIP maupun dari Parpol berbeda.

“Kami siap tarung, mengulang kesuksesan PDIP di Pemilu 2019 dan merealisasikan target 3 kursi di Dapil 2,” ungkap Nurjanah, Hasanuddin dan Santri, saat ditemui di kegiatan Bhakti Sosial Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati di Dermaga F3, Poto Tano, akhir pekan lalu.(EZ)

iklan

Komentar