PDIP KSB Minta AMMAN Liburkan Karyawan Lokal di Hari Pencoblosan Pemilu

KabarNTB, Sumbawa Barat – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumbawa Barat meminta PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) meliburkan seluruh karyawan lokal di hari pencoblosan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Sumbawa Barat, Kaharuddin Umar, mengatakan meliburkan karyawan penting untuk memastikan bahwa perusahaan menjamin hak mereka untuk menggunakan hak pilih di Pemilu.

“Kita tahu bahwa salah satu kunci Pemilu yang sukses adalah partisipasi pemilih. Partisipasi ini menjadi tanggungjawab moral semua pihak, termasuk swasta, tidak terkecuali AMMAN sebagai bentuk dukungan terhadap demokrasi dan pemilu yang Luber Jujur dan Adil,” ungkap Kaharuddin Umar, kepada wartawan usai mengikuti perayaan HUT ke-51 dan Pidato Politik Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri via zoom di Kantor DPC PDIP Sumbawa Barat, Rabu 10 Januari 2024.

DPC PDIP, sambung politisi yang juga Ketua DPRD Sumbawa Barat itu, akan segera berkoordinasi dengan pemeeintah daerah dan KPU dalam upaya mendorong seluruh perusahaan yang beroperasi di KSB agar memberi ruang bagi para karyawannya untuk menggunakan hak pilih di Pemilu.

“Kami akan segera menyurati KPU dan Pemda terkait hal ini. Kita tahu ada ribuan ribuan orang pekerja di Batu Hijau (kawasan pertambangan AMMAN) dan sebagian diantaranya adalah karyawan lokal baik lokal NTB maupun lokal KSB yang tercatat sebagai pemilih. Kami ingin memastikan bahwa mereka diberi ruang untuk menggunakan hak pilihnya,” imbuh Kaharuddin Umar.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) KSB, tercatat sebanyak 5.113 orang karyawan di Batu Hijau yang telah terdaftar sebagai pemilih di Pemilu mendatang. Dari jumlah itu, tercatat sebanyak 2.158 orang tercatat sebagai pemilih dalam provinsi NTB (termasuk didalamnya karyawan lokal KSB) dan 2.957 orang karyawan tercatat sebagai pemilih diluar provinsi NTB.

Sementara itu, Vice President of Corporate Communication and Investor Relation AMMAN, Kartika Octaviana, dalam pernyataan tertulis yang diterima Kamis 11 Januari 2024, mengatakan, sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia yang mendukung praktik pertambangan yang bertanggung jawab, AMMAN senantiasa mendukung tenaga kerjanya yang memenuhi syarat memilih untuk menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pemilu.

“Dukungan yang AMMAN berikan termasuk memfasilitasi pendaftaran pindah memilih ke Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), bekerja sama dengan KPUD KSB. Inisiatif ini mengacu ke Surat Pemberitahuan Pelayanan Daftar Pemilih Tambahan dari KPUD KSB bernomor 004/PL.01.2-SD/5207/3/2024,” ungkap Kartika.(*)

Komentar