PDI Perjuangan Tetap Perkasa di KSB, Menang Lebih Besar dari Pemilu 2019

KabarNTB, Sumbawa Barat –  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) tetap menjadi yang paling perkasa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam Pemilu 2024 ini.

Partai besutan Megawati Soekarno Putri ini hampir dapat dipastikan menjadi pemenang untuk pemilihan DPRD setempat, bahkan berpotensi menambah jumlah perolehan kursinya dari Pemilu 2019 lalu.

Gambaran kemenangan PDIP setidaknya dapat terlihat dari kalkulasi internal. Ketua DPC PDIP KSB, Kaharuddin Umar mengatakan, 5 kursi sebagaimana perolehan Pemilu 2019 lalu sudah terkunci. Dan untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 2, kemungkinan dapat bertambah dari 2 kursi menjadi 3 kursi.

“Hitungan kami Dapil 1 itu dua kursi, Dapil 3 satu kursi pasti. Sedangkan Dapil 2 itu dua kursi pasti dan kemungkinan bisa tembus 3 kursi. Sehingga potensi kami mendapat 6 kursi di DPRD sangat memungkinkan,” ulas Kaharuddin, Kamis 15 Februari 2024.

Untuk Dapil 1(kota Taliwang), posisi perolehan suara partai yang terdata dari beberapa Caleg PDIP, tercatat sekitar 5.550 suara. Kaharuddin menyebut, dengan perolehan sebanyak itu PDIP dapat dipastikan meraih kursi nomor urut 1.

Sedangkan kursi kedua ia memprediksi akan dapat diraihnya pada kursi nomor urut 9 dari total 10 kursi di Dapil 1.

“Kami kan hitung-hitung juga perolehan suara partai lain. Kalau misal, PKS atau Demokrat tidak sampai 1.850 maka kursi nomor urut 9 itu jadi milik kami,” paparnya.

Demikian pula di Dapil 2 meliputi kecamatan Brang Rea, Brang Ene, Seteluk dan Poto Tano. Hitungan sementara, perolehan suara PDIP dari beberapa Calegnya tembus angka 7.000 suara lebih.

Menurut Kaharuddin, dalam hitungannya, untuk meraih dua kursi dengan perolehan tersebut sudah sangat mencukupi. Dan jika perolehan suara dari Caleg lainnya dapat menambah hingga 8.000 suara, ia memastikan tiga kursi di Dapil 2 dapat diperoleh.

“Ini asumsi kami. Kursi pertama, kursi 8 dan 9 jadi milik kami. Kalau memang perolehan suara PDIP tembus 8.000 suara. Tapi ini masih perkiraan ya, karena kita juga harus lihat perolehan suara partai lainnya,” bebernya.

Sementara itu dari berbagai sumber yang dihimpun, khusus di Dapil 1 atau Dapil kota Taliwang, partai-partai pemilik kursi di Pemilu 2019 lalu yang berpotensi bisa mendapatkan kembali kursinya di DPRD KSB, diantaranya Partai Nasional Demokrat (Nadem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Berikutnya ada partai pendatang baru (nihil kursi DPRD dari Dapil 1 pada pemilu sebumnya) , yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar. Sementara Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diperkirakan akan berebut kursi nomor urut 10 atau kursi terakhir.(*)

iklan

Komentar