Jembatan Limpas Patah, Transportasi Lamuntet – Bangkat Monteh Nyaris Lumpuh

KabaraNTB, Sumbawa Barat – Arus transportasi yang menghubungkan Desa Lamuntet dengan Desa Bangkat Monteh, di Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat sejak beberapa waktu terakhir, nyaris lumpuh akibat jembatan limpas yang menghubungkan kedua desa tersebut patah diterjangan banjir beberapa waktu lalu. Saat ini jembata tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ujar Kabid Bina Marga Dinas setempat, Muhammad Ali, telah turun langsung ke lokasi mengecek kondisi jembatan tersebut.

Jembatan limpas penghubung Desa Lamuntet dengan Desa Bangkat Monteh

“Dari pengecekan lapangan pada senin (27 maret 2017), memang benar jembatan itu patah di ujung utara. Meski tidak sampai putus tapi kondisi jembatan itu menyulitkan masyarakat,” ujar Muhammad Ali, Kepada KabarNTB Rabu 29 Maret 2017.

Ia mengakui Detail Engenering Design (DED) perbaikan jembatan itu sudah ada. Tetapi perbaikan baru bisa dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD) 2017 karena tidak masuk di APBD murni.

Untuk sementara (sebelum perbaikan), PU kata dia, akan memasang papan peringatan agar pengendara dan masyarakat berhati-hati melewati jembatan itu.

Penyebab patahnya jembatan tersebut diakuinya akibat terjangan banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. Dan saat ini hanya kendaraan roda dua saja yang bisa melewati jembatan itu, sedangkan kendaraan roda empat dengan bobot berat tidak bisa lewat karena dikhawatirkan akan membuat patahan jembatan semakin parah.

“Sementara hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. Untuk roda empat tidak bisa,” katanya.(Yud)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.