Puluhan Ribu Ekor Ternak Segera Dibagi ke Pemegang Kartu Bariri KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sebanyak 24 ribu lebih hewan ternak siap dibagikan oleh Pemda Sumbawa Barat (KSB) kepada para peternak di daerah itu. Pembagian hewan ternak itu merupakan bagian dari program pengentasan kemiskinan lewat Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) tahun 2017.

“Kami menargetkan pembagian hewan ternak ini tuntas dilaksanakan dalam triwulan ketiga tahun 2017 ini,” kata Kabid Peternakan, Dinas Pertanian KSB, Kusmirin, kepada KabarNTB, Jum’at 28 April 2017.

Ilustrasi hewan ternak

Menurut Kusmirin, hewan ternak berbagai jenis yang terdiri dari ternak besar dan ternak kecil itu akan dibagikan kepada para pemegang Kartu Bariri Peternakan. Hasil verifikasi data yang dilakukan dinas terkait, katanya, total jumlah penerima Kartu Bariri Peternakan yang akan mendapatkan bantuan ternak untuk tahun anggaran 2017 ini sebanyak 1.500 orang.

 

“Data penerima terus kami update dan yang belum menerima dalam tahun ini akan diupayakan dalam tahun anggaran berikutnya,” katanya.

Dari total sebanyak 24 ribu hewan ternak yang akan dibagikan itu, sambungnya, terdiri dari sapi betina siap bunting dan sapi jantan bakalan sebanyak 900 ekor, kerbau sebanyak 20 ekor, kuda 25 ekor, kambing 630 ekor, bebek 2.000 ekor, dan ayam kampung 4.000 ekor.

Pemberian bantuan hewan ternak itu diberikan langsung kepada perorangan sesuai hasil pendataan. Yang terbanyak menurut Kusmirin adalah permintaan sapi sebanyak 7.309 orang. Namun dari hasil verfikasi yang layak diberikan bantuan sebanyak 4.249 orang dan karena keterbatasan anggaran yang bisa direalisasikan tahun ini hanya 900 orang.

Untuk kerbau yang berhak menerima sebanyak 137 orang, kuda 134 orang, kambing 791 orang dan 532 orang yang berhak menerima bantuan ternak unggas.

Untuk ternak besar (Sapi, kerbau, kuda) diberikan satu ekor per orang, kambing dua ekor per orang sedangkan unggas diberikan 25 ekor per orang.

“Hewan ternak yang diberikan sesuai dengan kebutuhan yang diminta dan sesuai bidang yang diusahakan oleh masing-masing peternak setelah kita melakukan verifikasi guna memastikan bantuan ini tepat sasaran,” imbuh Kusmirin.

Untuk pengadaan puluhan ribu ekor bibit ternak itu, Pemda KSB tambah Kusmirin mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 miliyar di APBD 2017 dan telah di tender oleh Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (ULP) setempat.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.