Wajah Bersih dan Segar Tak Perlu Biaya Mahal !

Oleh : Arifatul Musyahadah

Wajah yang tampak bersih sehat dan halus adalah idaman bagi semua wanita. Wajah merupakan bagian tubuh yang seriing terkena sinar matahari secara langsung dan polusi udara yang mengakibatkannya berminyak dan kusam. Karena itu perlu dilakukan perawatan wajah agar wajah kita tetap bersih dan sehat.

Bagi sebagian orang perawatan wajah dipercayakan pada ahli kecantikan atau produk-produk kosmetik yang mahal. Padahal banyak alternative bahan-bahan alami yang mudah didapat dalam perawatan wajah dengan hasil maksimal tanpa perlu meorogoh kocek terlalu dalam.

Bagi anda yang tidak memiliki biaya untuk melakukan perawatan wajah anda bisa melakukan perawatan wajah di rumah. Bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dalam rumah. Bahan-bahan ini selain mudah didapat, murah, juga memiliki banyak khasiat tersembunyi. Jadi selain dapat canyiknya, kita juga bisa menghemat pengeluaran.

Adapun bahan-bahan yang bisa digunakan untuk perawatan wajah di rumah adalah sebagai berikut :

Masker Beras Tumbuk
Masker ini bermanfaat untuk membuat kulit lebih lembut dan halus. Dengan cara mengusapkan beras tumbuk keseluruh permukaan wajah. Adapun cara pembuatan beras tumbuk :
Cuci beras sampai bersih, rendam agar lebih lunak.
Kemudian tumbuk beras sampai beras halus.
Simpan dalam kulkas untuk memberikan sensai dingin pada masker beras.
Setelah ditumbuk, tambahkan air bersih dan aduk hingga merata.
Oleskan pada permukaan wajah hingga merata.
Tunggu sekitar 10-25 menit, dan terakhir bilas dengan air sampai bersih.

Masker Putih Telur
Telur mengandung protein yang sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah. Selain itu putih telur juga berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah.
Pilih telur yang masih bagus. Ambil putih telur, letakkan dalam mangkok. Gosok-gosokkan bagian putih telur ke seluruh wajah. Tunggu beberapa menit hingga mengering.
Kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Masker Madu
Kandungan nutrisi, enzim dan vitamin pada madu murni dapat menutrisi kulit, mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
Ambil madu secukupnya, usahakan madu yang murni.
Letakkan pada mangkok atau tempat yang lain. Usapkan madu ke bagian wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Kemudian tunggu sampai bilasan kering.

Selain dengan bahan-bahan diatas, konsumsi air putih dan buah yang cukup juga berpengaruh baik untuk kesegaran wajah. Pola hidup teratur, dengan istirahat yang cukup dan menghindari konsumsi makanan berlemak secara berlebihan juga sangat dianjurkan.(*)

*) Penulis adalah Mahasiswa Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Malang

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.