DPRD Dukung Pemda Sumbawa Segera Restorasi Istana Putih

KabarNTB, Sumbawa – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa, mendukung sepenuhnya rencana pemerintah daerah setempat untuk merestorasi bangunan Bala Putih (Istana Putih – Wisma Praja) yang dilanda kebakaran hebat pada selasa 11 Juli 2017 lalu.

Ketua DPRD Sumbawa, L Budi Suryata, mengatakan peristiwa itu (kebakaran Wisma Praja) jangan sampai membuat masyarakat Tana Samawa larut dalam duka.

“Pemerintah, masyarakat dan semua pihak harus bangkit untuk melakukan penataan kembali terhadap bangunan Bala Putih secara bersama-sama,” ujarnya, kepada KabarNTB, Kamis 20 Juli 2017.

DPRD, kata Lalu Budi, mendorong pemerintah mengembalikan keaslian bangunan tersebut, juga fungsinya.

“DPRD sangat setuju dengan rencana Bupati Sumbawa untuk dikembalikan originalitasnya dan harus dibuat megah sebagai kebanggaan Tau dan Tana Samawa. Karena itu, untuk saat ini Pemda harus fokus. Karena bangunan itu merupakan satu kesatuan utuh dengan Dalam Loka dan Masjid Agung Nurul Huda,” ujarnya.

Ketua DPRD Sumbawa, L Budi Suryata

Untuk membangun kembali wisma praja, DPRD, katanya, siap mendukung dari sisi penganggaran. Ia juga meminta agar  Pemda berkoordinasi dengan Pemprov NTB dan pemerintah pusat agar ada intervensi dalam program pembangunan Istana yang merupakan bekas tempat tinggal Sultan Sumbawa, Sultan Muhammad Kaharuddin III itu.

“Ini momentum yang sangat tepat untuk mengembalikan keagungan wisma praja. Kami akan mendukung proses ini. Anggaran juga memungkinkan untuk membangun. Tentu ini juga tanggung jawab propinsi dan pusat.“ ucapnya.

Disatu sisi, Lalu Budi meminta agar peristiwa kebakaran tersebut dijadikan bahan evaluasi untuk membangun system kemanan yang memadai pada setiap obyek vital.

“Harus ada langkah kongkrit agar jangan terjadi lagi kejadian yang sama,” imbuhnya.

Demikian juga factor pendukung lainnya seperti pemadam kebakaran yang saat ini sangat memprihatinkan. Untuk itu, Pemda Sumbawa musti memenuhi fasilitas penunjuang, sebab hal tersebut merupakan keharusan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.