TNI Bangun MCK untuk Keluarga Pra Sejahtera dan Bedah Rumah Veteran Perang di Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa, Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1607 Sumbawa menyalurkan bantuan pembangunan sarana MCK (mandi cuci kakus/jamban) untuk masyarakat  pra sejahterah dan bantuan bedah rumah untuk para veteran perang.

“Tahun ini kami akan menyalurkan bantuan pembangunan MCK 10 unit untuk tiga kecamatan seputaran kota Sumbawa,” kata Dandim 1607 Sumbawa Letkol ARM Sumanto S.Sos, kepada KabarNTB, Rabu 16 agustus 2017.

Dandim menjelaskan, program pembangunan MCK bagi masyarakat pra sejahtera dan program bedah rumah bagi Veteran perang dilaksanakan setiap tahun. Pihak Kodim 1607 bekerjasama dengan sejumlah pihak swasta dalam rangka membangun 10 unit MCK dimaksud di Kecamatan Sumbawa, Moyo hilir dan Moyo hulu.

Letkol ARM Sumanto, Dandim 1607 Sumbawa

Menurut Dandim, bantuan pembangunan MCK bagi masyarakat pra sejahtera, sengaja digulirkan karena   masih banyak masyarakat khususnya yang berada di wilayah pedesaan yang masih belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan BAB (buang air besar) di sembarang tempat.

“Program ini kedepannya tetap berlanjut dengan bantuan yang lebih banyak lagi, menginggat masih banyak masyarakat yang belum memiliki jamban atau MCK,” imbuhnya.

Sementara untuk para veteran perang yang mendapatkan bantuan bedah rumah, tahun ini berlokasi di dalam kota Sumbawa. Dandim berharap kedepan rumah yang telah direhab itu dapat dipelihara dan bermanfaat bagi keluarga para veteran.

Penentuan penerima bantuan MCK dan bedah rumah itu sebelumnya melalui beberapa seleksi dan kategori kelayakan melalui survey lapangan yang dilakukan oleh Danramil maupun Babinsa.

“Sasarannya tentu mengutamakan masyarakat yang benar-benar membutuhkan atau masyarakat pra sejahtera,” demikian Dandim.( JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.