Minat Masyarakat Tinggi, Panwas KSB Rencanakan Pengawasan Berbasis Budaya

KabarNTB, Sumbawa Barat – Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Sumbawa Barat menganggap antusiasme masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan Pemilu cukup tinggi.

Itu dibuktikan dengan tingginya minat masyarakat untuk sebagai anggota Panwas Kecamatan yang dibuka sejak 21 September 2017 lalu.

“Cukup tinggi, sampai hari ini (26 september) sudah 38 orang yang mengambil formulir,” kata Ketua Panwas KSB, Karyadi SE, selasa.

Ketua dan Anggota Panwas Pemilu KSB, Karyadi dan Herman Jayadi

Pendaftaran masih akan dibuka sampai 1 oktober 2017 mendatang. Karyadi yang didampingi Anggota Panwas, Herman Jayadi, menyatakan optimis jumlah pendaftar akan bertambah. Setiap kecamatan akan direkrut tiga orang sebagai anggota.

Baik Karyadi maupun Herman menyatakan optimis, meski fasilitas penunjang operasional masih terbatas, namun pengawasan pelaksanaan Pilgub 2018 dan Pemilu / Pilpres 2019 akan berjalan maksimal.

Karyadi menyatakan dalam konteks pengawasan, Panwas KSB akan berinovasi melaksanakan pengawasan berbasis budaya sebagai cara untuk menggali partisipasi aktif masyarakat secara luas dalam pengawasan.

“Panwas tidak akan bisa maksimal bekerja tanpa partisipasi masyarakat. Ini yang coba kita gali melalui konsep pengawasan berbasis budaya,” ungkapnya.

Selain kegiatan rekrutmen anggota Panwas kecamatan, Panwas KSB saat ini juga sedang menyusun program kerja dan rencana anggaran pelaksanaan kegiatan.

“Kami juga akan mengusulkan pengalokasian anggaran ke Pemerintah daerah untuk dianggarkan di APBD 2018,” demikian Karyadi.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.