Desa Pasir Putih Terus Berinovasi Turunkan Angka Kemiskinan

KabarNTB,, Sumbawa Barat – Pemerintah Desa Pasir Putih, Kecamatan Maluk, Sumbawa Barat mendukung penuh upaya pengentasan kemiskinan yang saat ini menjadi prioritas Pemerintah Daerah setempat.

“Pengentasan kemiskinan ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah daerah tetapi seluruh komponen harus twrlibat aktif. Karena itu kami di Pasir Putih mensukung penuh upaya-upaya yang dilaksanakan pemerintah daerah dan terus berupaya ikut berperan melalui inovasi program ditingkat desa,” kata L Sujarwadi, Kepala Desa Pasir Putih, kepada KabarNTB, Sabtu 21 Oktober 2017.

L Sujarwadi, Kades Pasir Putih, Maluk9

Salah satu inovasi yang dilakukan Pemerintah Desa yang berlokasi di Lingkar Tambang PTAMNT itu adalah dengan melaksanakan pelatihan gratis bidang pertukangan dan perbengkelan kepada puluhan pemda setempat.

“Salah satu penyebab kemiskinan adalah pengangguran. Mustahil pengangguran itu bisa mengakses peluang kerja yang ada jika mereka tidak memiliki skill. Itu yang melandasi kami memberikan pelatihan keterampilan kepada para pemuda,” urai Sujarwadi.

Terkait data kemiskinan KSB yang diterbitkan BPS, L Sujarwadi meminta institusi tersebut  untuk serius dalam pendataan warga miskin dengan melibatkan pemerintah desa agar data yang di dapat sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Pendataan penting melibatkan desa, karena desa paling mengetahui kondisi masyarakat. Jangan ‘datang tanpa muka, pergi tanpa punggung’,” sindirnya.

Pemerintah Desa Pasir Putih, sambungnya, juga siap.menggelontorkan anggaran melalui APBDes untuk menyukseskan pendataan dan pelaksanaan program inovasi desa dalam pengentasan kemiskinan.

“Pengentasan kemiskinan merupakan salah satu janji kampanye sebelum saya menjadi kepala desa. Janji itu harus ditunaikan, lewat program yang bisa mendongkrak ekonomi masyarakat,” demikian L Sujarwadi.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.