Puluhan Kelompok Tani di Moyo Utara Dapat Bantuan Bibit Jagung dan Pupuk Gratis

KabarNTB, Sumbawa — Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Kabupaten Sumbawa menyalurkan bantuan bibit Jagung dan pupuk Urea kepada 31 Kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Moyo Utara, kamis 5 Oktober 2017.

Bantuan bibit tersebut diserahkan langsung oleh Camat Moyo Utara, Tajuddin didampingi Sekretaris Gempita Hermansyah Idris dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas setempat.

Pada kesempatan itu disalurkan bantuan bibit jagung sebanyak 20,55 ton, sementara pupuk sebanyak 133,55 ton dengan luas lahan 1.337 hektarare.

Sekretaris Gempita,Hermansyah Idris mengatakan, bantuan yang diserahkan tersebut untuk kebutuhan MH 1 pada tahun 2018 mendatang, sementara untuk bantuan bibit bagi 31 kelompok tersebut diberikan berdasarkan data Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) dari masing-masing kelompok yang telah di ajukan sebelumnya ke Gempita.

“Gerakan Gempita ini semata-mata membantu petani dalam hal pendistribusian bibit ke masing-masing kelompok, sesuai dengan apa yang menjadi komitmen Gempita dengan Kementerian Pertanian RI, khususnya menyukseskan swasembada jagung di kabupaten Sumbawa dengan target 1 juta ton,” ujarnya.

Selain kecamatan Moyo Utara, kecamatan lainnya yang telah terealisasi adalah Kecamatan Utan 12 kelompok dan kecamatan Moyo Hilir sebanyak 63 kelompok.
Jumlah bantuan yang telah disalurkan itu diakui masih jauh dari target Kementan untuk Kabupaten Sumbawa sejumlah 33 desa dengan total sebanyak 168 kelompok tani, luas lahan 6.667 Hektar dan jumlah benih 100,005 kg serta pupuk urea 666,700 kg.

“Kelompok-kelompok tani yang belum menerima bantuan, agar segera melengkapi CPCL kelompoknya, agar kelengkapan data sebagai kelompok penerima dapat dikirim langsung ke pemerintah pusat,” katanya.

Sementara itu, Camat Moyo Utara, Tajuddin, sangat bersyukur dengan adanya bantuan bibit jagung dan pupuk itu karen petani di wilayahnya sangat terbantu.
”Memasuki MH pertama petani tinggal menanam saja, tak perlu ketar ketir mencari bibit dan pupuk karna adanya bantuan ini,” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan tersebut, program pertanian di kecamatan Moyo Utara yang telah dicanangkan sebagai kecamatan jagung dapat berjalan dengan baik.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.