Distribusi Bantuan Benih Jagung Terkendala Cuaca

KabarNTB, Sumbawa – Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa menyatakan lambannya pendistribusian bantuan benih jagung kepada petani disebabkan faktor cuaca ekstrem dan tidak mendukung.

Kasi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Muhammad Fauzi, Senin 29 Januari 2018, menjelaskan, bantuan dari pemerintah pusat yang dihajatkan kepada petani di Kabupaten Sumbawa dengan total anggaran mencapai 7 Miliar tersebut sudah dicairkan melalui rekening kelompok tani.

Meski demikian, baru sebagian kecil bantuan benih jagung yang telah didistribusikan oleh pihak ke tiga.

“Benih yang sudah didistribusikan hingga saat ini mencapai 75 ton. Demikian juga hasil komunikasi dengan pihak perusahaan penyedia, bahwa hari ini (29/1) sekitar 21 ton akan didistribusikan kembali,” jelasnya.

Terkait pendistribusian tersebut, Dinas Pertanian dalam hal ini akan melakukan pamantauan terhadap proses pendistribusian tersebut.

“Kami tetap monitoring dan mengawasi proses pendistribusian benih jagung tersebut, lambannya pendistribusian tersebut lebih dikarenakan faktor cuaca,” imbuhnya.

Ia menambahkan pendistribusian benih ke kelompok tani yang memesan, dilakukan langsung oleh perusahaan penyedia benih.

“Pihak dinas hanya melakukan pemantauan dan pengawasan melalui Kupt di masing kecamatan. Pendistribusian tersebut diperkirakan selesai awal bulan mendatang,” terangnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.