Ini ‘Emil’, Pemilik Sorot Mata Teduh Ketua Terpilih FAS

Sorot mata teduh dengan senyum ramah, adalah ciri khas sosok Amir Zaman Fiqra Ranggabarani putra dari Nurdin Ranggabarani SH MH.

Anak kedua dari politisi PPP yang kini berkantor di Udayana (DPRD NTB) itu, terpilih secara demokratis sebagai Ketua Forum Anak Samawa (FAS) di sekretariat Forum Anak Samawa, di Jalan Setia Budi Sumbawa Besar, pada sabtu 27 Januari 2018.

Amir Zaman Fiqra yang akrab disapa Emil, kini duduk di kelas X SMA 2 Sumbawa. Ia tampil meyakinkan dalam penyampaian Visi Misi untuk periode dua tahun ke depan. Siswa yang gemar menggambar ini ingin memajukan Forum Anak Samawa dengan visi Forum Anak Samawa adalah garda terdepan menuju Anak Samawa yang Hebat Bermartabat dan berdaya saing tinggi.

Menurut Emil, dalam kepemimpinannya akan menjadikan FAS sebagai wadah anak-anak Samawa menyalurkan aspirasi, inspirasi dan ide-ide sehingga bisa unggul dalam mutu dan prestasi dalam pemenuhan hak anak.

Amir Zaman Fiqra Ranggabarani (Emil)

Selain itu, diperiodenya akan mempertahankan hak-hak anak sesuai konvensi Hak Anak (KHA) yaitu kelangsungan hidup, perlindungan, tumbuh kembang dan partisipasi karena hal ini selaras pula dengan UU No 23 tahun 2002 tentang perlindungan Anak.

Dalam pemilihan yang demokratis santun, saling menghargai dan dihadiri oleh Pembina FAS itu, Emil juga memaparkan misinya untuk menguatkan kerjasama dengan pemerintah daerah dan semua kalangan dalam pengembangan pendidikan, bakat anak serta potensi anak termasuk anak-anak yang tinggal di pelosok pedalaman.

“Kita ingin mendorong agar pemerintah atau siapapun yang berwenang dalam penanganan anak harus memperhatikan potensi teman-teman yang tinggal di remote area atau pedalaman. Kita juga ingin pemerintah memperhatikan kekurangan fasilitas belajar mereka sehingga mereka dapat belajar dengan layak dan wajar,” urainya.

Emil yang juga gemar badminton ini ingin mengangkat dan melestarikan tradisi lokal khususnya permainan khas Anak Samawa yang sudah mulai memudar tergantikan tekhnologi canggih atau gadget. Padahal menurut Emil produk tekhnologi gadget tidak lebih baik dari permainan anak.

“Saya lihat permainan anak lebih sehat karena memadukan gerakan fisik dan otak sedangkan gadget bisa dikatakan tidak ada gerakan hanya diam ditempat dan memainkan alat-alat, tombol belum lagi bahaya radiasi layar screen dan signal wifi,” ucapnya.

“Kita juga akan kembangkan permainan anak Samawa baik skala kecamatan atau nanti kita pertandingkan di tingkat Kabupaten,” tambah Emil.

Emil yang akan bertugas dalam dua tahun ke depan 2018/2020 ini akan berduet dengan Fadly Duransyah siswa kelas 9 SMPN 1 Sumbawa sebagai wakilnya.

Sementara itu, Ketua Demisioner Salsabila Mistaan (Salsa) dan wakilnya Yosa Amartya Rahmat (Yosa) berharap pada periode Emil, FAS lebih baik prestasi anak Samawa semakin banyak.

“Forum Anak Samawa yang sudah terbentuk tingkat kecamatan saat ini Forum Anak Kecamatan Lape, Forum Anak Kecamatan Lopok, Forum Anak Kecamatan Tarano baru Tarano yang sudah dilantik dan diresmikan oleh camatnya,” terangnya.

Untuk diketahui, terpilihnya Emil sebagai Ketua FAS Sumbawa tidak lepas dari peran dan motivasi sang kakak mendiang Ocha Marwah Gilang Rosadha Ranggabarani yang berpulang ke Rahmatullah belum lama ini.

“Ini Semua berkat kakak Ocha (Almarhummah, Red) yang jadi teman diskusi merumuskan visi misi yang saya sampaikan,” kata Emil lirih sambil tertunduk.

Emil mengaku ingat betul pesan mendiang Oca agar ia jangan sampai mempermalukan Almarhummah.

“Kakak Ocha berpesan agar saya tidak buat malu dirinya. Saya ingin mendedikasikan masa bakti saya untuk kebahagiaan dan kemulyaan kakak Ocha karena ia juga adalah aktifis di organisasi ini selama hidupnya,” demikian Emil sembari mengaku sangat terinspirasi dari keaktifan mendiang kakak tercintanya.(By/JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.