Pengunjukrasa Tuntut Seluruh Pelamar Lingkar Tambang Diluluskan di Rekrutmen MacMahon

KabarNTB, Sumbawa Barat – Massa pengunjukrasa yang memblokir akses toad PTAMNT di tambang Batu Hijau, Sumbas Barat, tetap menuntut agar seluruh pelamar dari wilayah lingkar tambang untuk diterima seluruhnya dalam proses rekrutmen tenaga kerja PT MacMahon (perusahaan aliansi PTAMNT di tambang Batu Hijau).

Penegasan itu disampaikan Sanjaya, Koordinator aksi dari Desa Benete Kecamatan Maluk.

“Kami menuntut agar seluruh pelamar dari Benete diterima. Ini sebagai wujud kedaulatan masyarakat lokal terhadap sumber daya alam yang kami miliki,” ujar Sanjaya, kepada wartawan disela-sela aksi.

Ia menjelaskan, warga Benete dan lingkar tambang umumnya kecewa atas hasil tes yang telah diumumkan tim bersama rekrutmen pada jum’at 27 Januari 2018. Dimana jumlah pelamar dari lingkar tambang yang dinyatakan lulus sangat sedikit.

“Dari puluhan pelamar semi skill dan non skill yang ikut tes tulis dari Benete, hanya tiga orang yang dinyatakan lulus dan mereka buka warga asli Benete, tapi hanya memegang kartu domisili di Benete,” ungkap Sanjaya.

Para pengunjukrasa juga menuntut untuk bertemu dengan management PT MacMahon dan Bupati KSB.sebagai ketua tim bersama rekrutmen. Sampai pukul 08.05 wita pagi ini, para pengunjuk rasa tetap bertahan menduduki akses road PTAMNT di sekitar gate Benete. Arus kendaraan kuar masuk area tambang juga masih lumpuh.

Para pengunjukrasa berjanji akan melakukan aksi dengan tertib dan damai.

Camat Maluk, Anugerah, sempat turun menemui pengunjukrasa. Ia menyatakan aksi demo adalah hak setiap warga negara, hanya saja ia meminta untuk menghindari tindakan anarkis karena bisa merugikan diri sendiri. Camat jugs meminta agar pengunjukrasa tidak melakukan tindakan yang bisa mengganggu pihak lain, misalnya dengan memasang terop ditengah akses road.

“Kami akan sampaikan kondisi ini dan tuntutan pendemo ke pemerintah daerah tentang kondisi ini. Itu saja yang bisa kami lakukan. Soal penolakan silahkan, tapi masih ada peluang karena kebutuhan tenaga kerja masih banyak. Ini (rekrutmen) baru permulaan,” tandasnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.