Banjir di Moyo Hulu, Jembatan Putus dan Puluhan Hektar Padi Siap Panen Rusak

KabarNTB, Sumbawa – Hujan deras yang menguyur Kecamatan Moyo Hulu pada Minggu 25 februari 2018, mengakibatkan jembatan penghubung Dusun Sela Melung akibat diterjang banjir.

Camat Moyo Hulu Mulyadi S,Sos kepada KabarNtB, Senin 26 Februari 2018 mengatakan, saat ini pemerintah kecamatan bersama BPBD serta dinas terkait lainnya sudah melakukan pendataan terhadap beberapa lokasi yang terkena bencana.

Dari hasil pendataan saluran Reban Orong Anok Desa sepanjang 200 meter serta tanaman padi siap panen milik masyarakat sekitar 30 hektar mengalami kerusakan. Selain itu, talut pengaman lahan pertanian dan pemukiman sekitar 300 meter serta jembatan di Dusun Sela Melung putus.

Kondisi jembatan Sela Melung yang putus akibat diterjang banjir pada Minggu 25 Februari 2018

“Mengenai jumlah kerugian belum bisa dipastikan, karena masih dihitung,” jelas Mulyadi.

Sebagai solusi agar akses jalan menuju ibu kota kecamatan dan Kabupaten, pemerintah setempat bersama masyarakat telah bergotong royong untuk membuat jembatan alternative sementara dari bambu dan kayu seadanya agar akses transportasi dan perekonomian masyarakat tetap berjalan meski hanya bisa dilalui pejalan kaki dan roda dua.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan dinas dan leading sektor terkait lainnya untuk mencari solusi atas bencana tersebut, termasuk dengan BPBD kabupaten Sumbawa,” ungkapnya.

Mulyadi mengakui ada beberapa rumah warga yang berlokasi di bantaran sungai saat banjir tersebut sempat tergenang, namun tidak terlalu parah sebab banjir cepat surut.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.