Pemda Diminta Segera Invenstarisir Kerusakan Akibat Banjir

KabarNTB, Sumbawa – Pemerintah Daerah Sumbawa dimints untuk segera menginventarisir kerusakakan infrastruktur yang diakibatksn banjir di sejumlah wilayah dalam beberapa hari kebelakang.

“Kebetulan saya ikut pantau lewat Medsos. Akibat banjir, ada  akses putus di Desa Batu Tering Dusun Melung Kecamatan Moyo Hulu. Itu salah satunya,” ujar Anggota DPRD Sumbawa, Khaeruddin SE, Selasa 27 Februari 2018.

Ia menyatakan, pemerintah melalui dinas teknis musti turun lapangan untuk mengecek langsung kondisi dan segera melakukan upaya untuk mengatasi persoalan yang timbul.

“Tentu harus ada upaya segera untuk mengatasi itu. Terlebih itu satu-satunya akses penghubung masyarakat. Akibat jembatan putus jarak tempuh jadi lebih jauh karena mesti memutar,” jelasnya.

Kondisi jembatan Dusun Melung yang putus akibat diterjang banjir pada Minggu 25 Februari 2018

Menurutnya, putusnya akses transportasi tersebut, berdampak besar bagi perekonomian masyarakat, terlebih bagi petani yang saat ini menjelang musim panen.

“Ekonomi masyarakat terganggu, apalagi sekarang mendekati panen. Waktu dan biaya yang mesti dikeluarkan masyarakat juga menjadi lebih tinggi akibat kondisi ini,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah daersh menurutnya, juga musti menginventraisir kerusakan di wilayah lain, baik yang disebabkan oleh banjir, maupun daerah-daerah yang berpotensi yang terjadinya bencana.

“Karena beberapa hari ini hujan cukup deras, tentu akan berdapak kepada infrstruktur. Pemerintah kecamatan harus inventarisisr di wilayah masing-masing yang alami kerusakan agar segera koordinasi dengan instransi terkait,” demikian Khairuddin.(JK)

iklan

Komentar