Warga KSB Infaqkan Satu ‘Buntelan’ Uang untuk Muslim Suriah

KabarNTB, Sumbawa Barat – Para aparatur Pemda dan masyarakat Sumbawa Barat secara spontan mengumpulkan infaq untuk membantu kaum muslimin yang dibantai rezim Syiah Basar Al Assad di Suriah.

Acara penggalangan dana itu dilaksanakan dalam kegiatan tabligh akbar yang diinisiasi Syam Organizer dan beberapa lembaga lainnya yang selama ini concern memembantu muslim Suriah, usai sholat dzuhur berjamaah di Masjid Agung Darussalam, Senin 19 Maret 2018.

Ratusan jamaah dari kalangan aparatur dan masyarakat yang memenuhi masjid dengan antusias memenuhi tantangan yang diajukan oleh Wakil Bupati Fud Syaifuddin untuk memberikan uang pecahan paling besar yang ada didalam dompet dan saku mereka sebagai infaq.

Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin menyerahkan satu buntelan uang infaq para aparatur dan jamaah Masjid Agung Darussalam untuk Muslim Suriah kepada Kang Iroel, dari Syam Organizer

Para jamaah mengumpulkan uang tersebut diatas sehelai sorban yang digelar di shaf depan. Sementara  Wabup melalui pengeras suara terus memotivasi para jamaah untuk berinfaq.

Alhasil, sorban yang digelar penuh dengan uang dari infaq para jamaah. Ketika dikumpulkan, uang tersebut menjadi satu buntelan besar yang langsung diserahkan kepada Syam Organizer yang akan menyalurkannya langsung dalam bentuk bantuan pangan dan lain-lain kepada Muslim Suriah.

Wabup Fud Syaifuddin dalam sambutannya, menegaskan kepada para jamaah, bahwa sesungguhnya infaq yang kita keluarkan untuk kaum fakir miskin dan pihak lainnya yang membutuhkan, bukan untuk membantu mereka (pihak yang menerima infaq), tetapi untuk membantu diri kita sendiri.

“Karena dalam harta yang kita miliki ada 2,5 persen hak orang lain, fakir miskin, kaum duafa dan saudara-saudara kita yang terkena musibah dan bencana seperti yang saat ini dialami Muslim di Suriah. Jadi jangan menganggap ketika kita mengeluarkan sedikit harta, kita sedang menolong orang lain. Tetapi sesungguhnya kita sedang menolong diri kita sendiri,” urai wabup.

Untuk itu, Wabup atas nama pemerintah daerah Sumbawa Barat dan para jamaah, menyampaikan terimakasih kepada Syam Organizer sebagai penggagas kegiatan penggalangan dana itu yang telah secara sukarela datang menggugah kepedulian warga KSB untuk peduli terhadap kesulitan dan kesusahan yang tengah dialami oleh Muslim di Suriah.

“Karena sesungguhnya hidup kita ini tidak lama. Penderitaan yang dialami saudara kita di Suriah sangat nyata. Terus kita mau apa ? Apakah kita akan diam saja ? Inilah momentum bagi kita untuk memanfaatkan hidup yang singkat ini untuk menjadi manusia yang bermanfaat untuk sesama. Jika kita tidak bisa langsung membantu mereka, maka kita bisa membantu dengan harta kita,” tandas Wabup.

Selain memberikan infaq dengan sukarela, dalam kegiatan itu juga dilaksanakan lelang baju kaos dan syal tentang Muslim Suriah yang dihargai Rp 500 ribu untuk baju kaos dan Rp 1 juta untuk syal. Hasil lelang itu sepenuhnya akan disalurkan untuk membantu Muslim Suriah.

Kegiatan tabligh akbar itu juga diisi dengan pemaparan tentang kondisi yang dialami Muslim Suriah dari Tim Syam Organizer dan diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan mereka oleh para jamaah.(EZ)

iklan

Komentar