Kasdam IX/Udayana Pimpin Apel Gelar Pasukan Kunjungan Wapres ke Loteng

KabarNTB, Mataram – Kasfan IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, memimpin apel gelar pasukan TNI/Polri dan instansi yang terlibat dalam pengamanan kunjungan Wapres RI beserta Istri di lapangan Eks Bandara Selaparang Mataram, Rabu 4 juli 2018.

Rencananya, Wapres Jusuf Kalla beserta istri Hj Mufida Kalla akan berkunjung ke Pulau Lombok, Kamis besok 5 Juli 2018. Wapres akan mengunjungi Desa Dakung Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah dalam rangka meninjau langsung kondisi masyarakat Desa tersebut setelah mendapat Program Pemerintah dalam bidang Kesehatan.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto S.IP, dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana dihadapan ratusan peserta Apel gabungan menyampaikan, apel gelar pasukan bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan yang disesuaikan dengan Prosedur Tetap Pengamanan VVIP yang berlaku.

Selain itu sambungnya, juga untuk memastikan tegaknya sinergitas dan kerjasama yang baik diantara semua unsur pengamanan yang dilibatkan.

“Apel Gelar hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaanya. Apabila terjadi kesalahan atau hambatan maka segera dapat diatasi dengan baik,” kata Benny.

Dilanjutkannya, Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP wilayah bersama-sama Polda, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara maksimal.

“Untuk itu kejelasan tugas, tanggung jawab
dan rantai Komando harus selalu dikoordinasikan sehingga tugas kita dapat terlaksana secara efektif dan efisien,” jelasnya.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam IX/Udayana memberikan beberapa penekanan menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas yakni memahami dan menguasai Protap Pam VVIP, memegang teguh disiplin dan pahami rantai Komando yang ada.

“Jangan lengah dan tingkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan, jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal dan cermati, ikuti serta laporkan setiap perkembangan situasi di lapangan,” imbuhnya.

Apel gelar pasukan yang diikuti ribuan personel gabungan TNI, Polri dan Pemerintah daerah maupun instansi terkait tersebut dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., Kapolda NTB diwakili, Danlanal Mataram, Danlanud Rembiga, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Dandim 1606/Lobar dan para Kasi Korem 162/WB.(EZ/*)

iklan

Komentar