Kunker ke Loteng, Wadan Pusterad Berdialog Soal Peningkatan Produksi dengan Petani

KabarNTB, Lombok Tengah – Wakil Komandan Pusat Teritorial TNI AD (Wadan Pusterad) Brigjen TNI Joko Warsito melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kodim 1620/Loteng, Rabu pagi 18 juli 2018.

Kunjungan Wadan Pusterad yang didampingi Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani itu, terkait asistensi teknis penyelenggaraan komunikasi sosial dengan para petani Lombok Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kodim 1620/Loteng tersebut difokuskan pada pembahasan mengenai peningkatan produksi pertanian di Lombok Tengah.

Wakil Komandan Pusat Teritorial TNI AD (Wadan Pusterad) Brigjen TNI Joko Warsito

Mengawali sambutannya, Joko Warsito menyampaikan, TNI bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat harus menyamakan persepsi dan meningkatkan komunikasi sosial.

“Kita juga harus membantu kegiatan Pemda terutama dalam masalah target swasembada pangan,” tegasnya.

Dilanjutkannya, Swasembada pangan merupakan salah satu program Nawacita pemerintah melalui Menteri Pertanian yang harus di dukung bersama terutama terkait dengan peningkatan produksi pertanian. Faktor utama dalam peningkatan hasil produksi pertanian selain kesuburan tanahnya yakni terpenuhinya kebutuhan air untuk persawahan.

Sementara itu, pada sesi tanya jawab salah seorang perwakilan Gapoktan Desa Sintung menanyakan masalah kelangkaan pupuk maupun aturan pembuatan kartu penerima.

“Kalau bisa kami masyarakat dibebaskan dalam pembelian pupuk,” pintanya.

Terkait dengan pertanyaan tersebut, dijawab langsung Kadis Pertanian Loteng Lalu Iskandar.

“Untuk masalah pupuk itu memang ada aturanya sehingga bisa dibagi secara adil berdasarkan RDKK yang diajukan,” jawabnya.

Sedangkan Wadan Pusterad memberikan tanggapan, permasalahan kelangkaan pupuk ini juga merupakan tugas dari satuan wilayah untuk mengawal sehingga tidak salah dalam pendistribusian kepada para petani.

“TNI dalam hal ini Kodim juga akan ikut andil mengawasi pendistribusian,” pungkasnya.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.