Selasa 14 Agustus : 458 Orang Meninggal dan 417.529 Mengungsi Akibat Gempa Lombok

KabarNTB, Lombok Utara – Jumlah korban jiwa dan pengungsi akibat gempa bumi tektonik beruntun yang mengguncang Pulau Lombok mulai Ahad Minggu 29 Juli (6.8 SR), disusul gempa berkekuatan 7 SR pada Ahad 5 Agustus dan gempa susulan 6.4 SR pada 9 Agutus 2018 terus bertambah.

Berdasarkan data terakhir yang dikeluarkan Posko Penanggulangan Darurat Bencana (PDB) alam gempa Lombok NTB, Selasa tanggal 14 Agustus 2018 pukul 17.00 Wita, jumlah korban jiwa sudah sebanyak 458 orang. Jumlah rumah yang rusak setelah dilakukan pendataan sekitar 71.740 rumah dan fasilitas umum maupun tempat ibadah yang mengalami kerusakan sebanyak 197. Sedangkan jumlah pengungsi hingga saat ini sebanyak 417.529 orang.

Seorang ibu korban gempa Lombok bersama anaknya di pengungsian

Hingga saat ini Tim SAR gabungan dari Basarnas, BNPB, TNI, Polri BPBD dan sejumlah institusi serta relawan dari berbagai organisasi masih terus berjibaku di lapangan untuk mencari para korban yang tertimbun puing-puing bangunan maupun longsoran tanah akibat gempa.

Selasa kemarin, Tim SAR Gabungan telah berhasil menemukan satu dari empat orang korban yang dinyatakan tertimbun longsoran tebing di Dusun Dompu Indah Kecamatan Kayangan KLU. Korban atas nama Muhidin (33), berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh tim SAR, sekitar pukul 10.34 WITA.

“Korban ditemukan dalam posisi duduk, kemudian kami evakuasi dan langsung kami serahkan ke bapak dan ibunya yang hadir dan menyaksikan langsung proses evakuasi,” jelas Kabasarnas Masdya TNI M Syaugi, didampingi Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Mayjen TNI Nugroho dan Kepala Kantor SAR Mataram selaku SMC I Nyoman Sidakarya.

Tim SAR gabungan menerjunkan 99 orang personil dalam proses pencarian dan evakuasi tersebut. Selain itu tim juga mengerahkan 2 alat berat eksavator di lokasi longsor. Dengan alat tersebut dan 5 alat penyembur air jenis alkon serta peralatan konvensional seperti cangkul dan sekop serta anjing pelacak milik Ditsatwa, diharapkan gundukan tanah longsor cepat terurai dan korban cepat ditemukan.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.