Bantuan Alsintan Senilai Rp 12 Miliyar Lebih Segera Disalurkan Kepada Petani KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sumbawa Barat dalam waktu dekat akan menyalurkan alat dan mesin pertanian kepada 840 orang petani penerima program Bariri Pertanian.

Total nilai bantuan yang bersumber dari APBD KSB, APBD Provinsi dan APBN itu mencapai Rp 12 Miliyar lebih.

Syaiful Ulum, Kabid Pertanian Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan KSB

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Bidang Pertanian Syaiful Ulum mengatakan, kendala yang dihadapi saat ini masih ada petani yang belum memiliki uang untuk membuka rekening.

“Dari total penerima program tersebut, sebanyak 575 orang petani diantara telah membuka rekening dan sebanyak 265 orang yang belum membuka rekening,” jelas Syaiful Ulum.

Untuk pelaksanaan program yang menjadi bagian dari Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) ini, Pemda KSB mengalokasikan anggaran melalui APBD senila Rpi 5.406.500.000.

Selain itu bantuan juga bersumber dari Pemerintah Pusat berupa Hand Tracktor, Tracktor Roda empat sebanyak 11 unit dan mesin air 8,5 PK sebanyak 29 unit (dari APBN). Sedangkan bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi,  berupa mesin pemipil jagung (Corn Sheller), Power Threser multiguna, Cultivator, Rice Transplanter, alat tanam jagung, combine harvester besar, dan traktor roda 2.

“Total nilai bantuan dari pemerintah Pusat dan Provinsi ini mencapai  Rp 7.590. 652.973,” timpal Syaiful Ulum.

Dia berharap kepada petani yang menerima bantuan Alsintan ini agar bisa membuka rekening di bank yang ditunjuk secepatnya, agar bantuan bisa segera diserahkan.(BR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.