Bawaslu Sumbawa Gandeng OKP untuk Maksimalkan Partisipasi Pemilih

KabarNTB, Sumbawa – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa menggandeng sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) seperti GP Anshor, PMII, HMI, GMNI, Muhammadiyah, serta sejumlah OKP lainnya untuk memaksimalkan partisipasi pemilih di Pemilu 2019.

Dalam kegiatan Sosialisasi Peningkatan Partisipatif Pemilih yang dihadiri sekitar 150 peserta dari berbagai OKP yang berlangsung Senin 17 Desember 2018, Ketua Bawaslu Sumbawa, Syamsi Hidayat, mengatakan, pihaknya sengaja merangkul sejumlah OKP (organisasi Kepemudaan) untuk membantu Bawaslu dalam memberi pemahaman kepada publik agar dapat meningkat pengawasan partisipatif.

Syamsi Hidayat, Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa

Bawaslu juga membuka ruang seluasnya bagi masyarakat untuk melaporkan jika nantinya ada persoalan dalam pelaksanaan Pemilu.

“Kami diberi kewenangan untuk menyelesaikan sengketa Pemilu, mari sahabat sekalian untuk berkomitmen melaksanakan pengawasan partisipatif agar pemilu dapat berjalan aman dan lancar,” ajak Syamsi.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi merupakan upaya Bawaslu Kabupaten Sumbawa untuk memaksimalkan peran dan fungsi pengawasan. Selain itu, untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa selain Bawaslu, masyarakat juga menjadi pemantau atau pengawas Pemilu.

“Masyarakat juga memiliki andil besar dalam menyukseskan Pemilu 2019. sosialisasi ini sekaligus untuk memaksimalkan peran dan fungsi pengawasan dengan melibatkan pengawasan partisipatif OKP dan pemantau,” demikian Syamsi Hidayat.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.