Pangdam Udayana Instruksikan Korem 162/WB Tetap Monitor Situasi dan Koordinasi

KabarNTB, Mataram – Satuan Korem Jajaran Kodam IX/Udayana tergabung dalam Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing mengikuti Video Conference dengan pangdam IX/Udayana untuk melaporkan kesiapan dalam membantu dan mendukung pemerintah daerah di wilayah masing-masing, dalam percepatan penanganan penyebaran Covid-19, Jumat 17 April 2020.

Usai mengikuti Video Conference (Vicon), dengan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, Danrem 162/WB Kolonel Czi. Ahmad Rizal Ramdhani, menyampaikan Korem 162/WB Siap melaksanakan semua apa yang menjadi petunjuk dan arahan Pangdam IX/Udayana.

Beberapa hal yang disampaikan antara lain, agar Korem 162/WB beserta jajaran terus memonitor segala perkembangan dan koordinasi melekat dengan pemerintah daerah di wilayah masing-masing terkait langkah-langkah percepatan penanganan Covid-19 sehingga tidak semakin meluas. Selain itu, Pangdam IX/Udayana menekankan untuk mengantisipasi dan mewaspadai adanya rulalisasi (Perpindahan warga dari Kota ke desa) dan arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri serta kedatangan PMI/TKI dari luar negeri khususnya yang daerah zona merah yang terjangkit covid-19 yang dapat mengakibatkan permasalahan sosial.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Rhamdani saat melaskanakan video conference dan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto

“Pangdam menegaskan agar dilakukan pemeriksaan dan karantina dan semua penjagaan pintu masuk ke daerah masing-masing harus mengikuti protokol yang telah ditentukan sehingga TKI datang dari luar negeri dapat dideteksi,” jelas Danrem.

Program asimilasi (Pembebasan) Narapida, lanjut Danrem, juga berdampak pada kemungkinan bertambahnya tingkat kriminalitas di daerah, sehingga dituntut peran aktif aparat teritorial dalam hal ini para Danramil dan Babinsa agar mendata serta bekerjasama dengan aparat setempat untuk memberikan pembinaan kepada mantan napi tersebut.

Terkait hal tersebut, Satuan Jajaran Korem 162/WB telah melaksanakan segala kegiatan secara bersinergi dengan semua pihak serta stskeholder terkait sebagai upaya antisipasi/pencegahan. “Yang tidak kalah penting jangan panik, ikhtiar dan berdoa,” kata Danrem.

Jajaran Korem 162/WB juga secara terus-menerus membantu memberikan imbauan baik secara langsung maupun melalui media massa baik elektornik, Media Cetak, Media Online, Media Sosial, Pemasangan banner imbaun, pamflet dan lainnya. Kegiatan tersebut guna memberikan pemahaman kepada masyarakat serta antisipasi kemungkinan timbulnya gejolak sosial dan upaya menjaga dan memelihara stabilitas keamanan.

“Termasuk membantu contact tracking, serta menjaga stabilitas ketahanan pangan di tiap-tiap daerah,” jelas Danrem.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan, bahwa satuan jajaran Korem 162/WB juga melakukan kegiatan pendalian dan pengawasan kepada anggota dan KBT yang keluar masuk satuan maupun lingkungan kesatrian atau asrama, ditekankan untuk tidak berpergian keluar daerah, hindari memasuki wilayah yang terpapar Covid-19. “Kami telah menyiapkan Yonif 742/SWY sebagai satuan pemukul manakala harus diterjunkan, guna membantu mengatasi masalah-masalah urgensi,” ungkap Danrem.

Satuan Jajaran Korem 162/WB, juga terus melakukan koordinasi lintas sektoral, bersinergi dalam segala kegiatan terkait upaya percepatan penanganan Covid-19, temasuk menganstipasi dampak sosial dan jaring ekonomi masyarakat dengan membantu pendataan masyarakat kurang mampu, masyarakat rentan, mendirikan dapur umum di beberapa titik guna membantu masyarakat sekitar, serta melaksanakan bantuan pengamanan, pengawalan dan penditirbusian sembako bantuan pemerintah, agar tepat sasaran.

Kegiatan Vicon diikuti para Assisten Kasdam IX/Udayana, Para Kabalakdam IX/Udayana, Seluruh Komandan Korem jajaran Kodam IX/Udayana, Komandan satuan, Perwira staf serta Kalak BPBD Prov Se Bali Nusra.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.