PDP di KSB Bertambah, Bayi Usia 3 Bulan dari Seteluk Dirujuk ke RSMA Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa Barat – Seorang balita (bawah lima tahun) laki-laki berumur 3 bulan, warga kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat ditetapkan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan telah dijuruk ke Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Desease (Covid-19) Pemda KSB, H Tuwuh, mengungkapkan balita dimaksud dirujuk ke RSMA Sumbawa pada Kamis sore, 9 April 2020 sekitar pukul 16.00 Wita.

“Balita ini memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit, yakni Lombok Tengah dalam kurun waktu 14 hari terakhir. Ia dibawa oleh orang tuanya karena neneknya berdomisili di Lombok Tengah,” jelas Haji Tuwuh.

Update data Kabupaten Sumbawa Barat Hari Kamis 9 April 2020 (sumber : gugus tugas penanganan Covid-19 Pemda KSB)

Saat dibawa ke RSUD Asy Syfa, Taliwang pada Kamis pagi, kondisi Balita dimaksud dalam keadaan demam dan batuk. “Statusnya langsung ditetapkan sebagai PDP dam sorenya langsung dirujuk ke Rumah Sakit Manambai,” imbuh Haji Tuwuh.

Dengan penetapan status PDP ini, orang tua Balita bersangkutan masuk dalam pemantauan. “SOPnya begitu, kalau sebelumnya berstatus kontak erat resiko rendah sekarang statusnya Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tetap dalam pemantauan petugas kesehatan,” terang Haji Tuwuh.

Sementara itu, sampai dengan Kamis 9 April 2020, total jumlah orang yang dipantau di KSB sebanyak 2.397 orang. Terbanyak berstatus pelaku perjalanan dari daerah terjangkit atau luar negeri yang berjumlah 2.290 orang, 685 orang sudah tuntas pemantuan (karantina mandiri) dan 1.605 orang masih dalam pemantauan. Untuk status Orang Dalam Pemantauan (ODP) total sebanyak 103 orang, saat ini tersisa 29 orang dan yang sudah tuntas pemantuan sebanyak 74 orang.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.