Angin Puting Beliung Hantam 3 Kecamatan di Barat Sumbawa, Puluhan Rumah Rusak, 3 Orang Terluka

KabarNTB, Sumbawa – Puluhan unit rumah warga yang berada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Alas Barat, Buer dan Alas rusak parah diterjang angin puting Beliung pada Senin sore 09 November 2020 sekitar Pukul 15.20 Wita.

Selain bangunan rumah warga, angin kencang juga mengakibatkan kantor Desa Marente Kecamatan Alas ambruk. Puluhan Kepala Keluarga (KK), dilaporkan terpaksa mengungsi akibat bencana tersebut.

Berdasarkan informasi awal yang berhasil dihimpun KabarNTB dari berbagai sumber, kerusakan terparah yang banyak dialami oleh warga adalah atap rumah.

Kondisi salah satu rumah warga yang roboh diterjang angin puting beliung Senin sore (09/11). Foto : FB @Juranalas Maras

Data awal di lapangan, di Kecamatan Alas Barat, terdapat 12 rumah yang rusak atapanya. Di Desa Usar Mapin sebanyak 23 rumah, Labuhan Mapin 30 rumah dan ditambah juga kerusakan beberapa fasilitas umum seperti SMA dan Puskesmas.

Bukan itu saja, di desa Gontar Kecamatan Alas terdapat 17 Rumah dan desa Gontar baru 15 Rumah yang mengalami rusak ditambah Masjid dan mushollah.

Sementara di Pulau Kaung Kecamatan Buer terdapat satu rumah yang roboh dan belasan lainnya mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan bervariasi.

Sedangkan Kantor Desa Marente roboh bagian depannya (gewel dan atap jatuh). Pihak pemerintah desa setempat, rencananya akan segera mencari alternatif kantor sementara agar pelayanan kepada masyarakat tetap bisa berjalan.

Hingga berita ini diturunkan tidak ada laporan tentang korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun berdasarkan informasi dari laporan Camat Alas, Sulaiman kepada Bupati Sumbawa, yang diposting melalui akun Facebook @Juranalas Maras, tiga orang warga yang kebetulan sedang berada di Kantor Desa Marente terluka cukup parah, termasuk dua orang anak usia 8 tahun dan telah dirujuk ke RSUD Sumbawa. Musibah ini terjadi ketika sedang berlangsung pembagian BST dari Kantor Pos di Kantor Desa Marente.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.