Bupati Paparkan Strategi Mencapai Misi Sumbawa Gemilang Berkeadaban

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa menjabarkan strategi dalam mencapai misi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban dalam Rapat paripurna DPRD Sumbawa Senin (14 /6) .

Bupati menjelaskan bahwa visi-misi kepala daerah terpilih tertuang dalam dokumen RPJMD yang proses penyusunan rancangan awalnya dilakukan dengan menggunakan pendekatan teknokratis partisipatif top-down dan bottom-up, pendekatan politik dan pendekatan partisipatif.

Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah di Sidang Paripurna DPRD

Dalam pendekatan teknokratis penyusunan dilakukan dengan sejumlah metode dan kerangka berpikir ilmiah untuk menghasilkan kesimpulan yang objektif dan terukur adapun dalam pendekatan partisipatif penyusunan dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan atau stakeholder berdasarkan relevansi kesetaraan dan keterwakilan semua kelompok sehingga tercipta konsensus dalam perumusan isu dan permasalahan perumusan tujuan strategi kebijakan dan program.

Sedangkan dalam pendekatan top-down dan bottom-up ini juga mempertimbangkan rancangan rencana kerja 5 tahun perangkat daerah sesuai tugas fungsi masing-masing serta menyelaraskannya dengan rencana pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. “Termasuk mempertimbangkan semua ketentuan teknis yang berlaku titik dengan pendekatan ini maka tujuan sasaran strategi kebijakan umum dan program yang disiapkan dalam rancangan awal ini merupakan hasil sinkronisasi dengan perencanaan vertikal dan horizontal,” jelas Haji Mo’.

Pendekatan terakhir yaitu pendekatan politis merupakan upaya melakukan padu – padan dan padu – serasi antara program pembangunan yang ditawarkan melalui proses politik dalam pemilihan kepala daerah dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah mulai dari perencanaan penatausahaan sampai ke tahap pertama jawaban.

“Dengan ke-4 pendekatan tersebut RPJMD nantinya diharapkan dapat memenuhi harapan bersama yang realistis untuk dilaksanakan mudah dipantau terukur dalam evaluasi dan transparan dalam pelaporannya nanti,” bebernya.

Dari aspek substansi yang terkandung dalam rancangan awal RPJMD ini terdapat upaya pencapaiannya yang dijabarkan dalam 5 misi, 5 tujuan, 21 sasaran. sasaran yang pengukuran dan pemantauan nya dilakukan melalui 15 indikator tujuan utama dan 26 indikator kinerja daerah.

Adapun 5 misi pembangunan daerah yang secara teknis akan dilaksanakan oleh perangkat daerah terkait adalah :

  1. Sumbawa sehat dan cerdas
  2. Sumbawa sejahtera dan mandiri
  3. Sumbawa bersih dan melayani
    4 Sumbawa aman dan berbudaya dan
  4. Sumbawa tangguh dan berkelanjutan.

“Pelaksanaan 5 misi tersebut tentunya membutuhkan ketersediaan sumber daya sehingga dalam dokumen telah mencantumkan kerangka pendanaan indikatif dengan mempertimbangkan kemampuan fiskal daerah,” imbuh Bupati.

Memiliki gambaran potensi nyata untuk membiayai program yang direncanakan selama 5 tahun mendatang.

Dukungan dari DPRD akan menjadi salah satu faktor penentu yang strategis bagi terbangunnya sinergi dan integrasi multisektor multipihak.

Dengan menyadari bahwa pelaksanaan dan pencapaian target yang dituangkan bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah tetapi juga tanggung jawab dan peran semua pemangku kepentingan. “Maka semua pemangku kepentingan selayaknya mengetahui dan memahami substansi rpjmd ini oleh karena itu dalam waktu yang tidak terlalu lama kami akan segera sosialisasikan rancangan rpjmd ini kepada semua pemangku kepentingan,” jelas Bupati

Dengan dukungan DPRD dan komunikasi intensif antar lembaga kami menyakini bahwa keseluruhan rangkaian tahapan ini dapat diketahui dengan baik,” demikian Haji Mo’.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.