Dekranasda Umumkan 20 Terbaik Lomba Desain Motif Khas KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dewan Juri mengumumkan peserta yang masuk 20 besar Lomba Desain Motif Khas KSB yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbawa Barat, di Sekretariat Dekranasda KSB, di Taliwang, Selasa 28 September 2021.

Koordinator Lomba, Mars Anugerahinsyah, menyampaikan, sejak lomba dibuka pada 13 – 31 Agustus lalu, tercatat sebanyak 100 lebih peserta yang mendaftar, baik dari dalam KSB maupun dari luar KSB. Panitia, menetapkan kriteria peserta adalah warga KSB yang menetap di wilayah KSB maupun warga kelahiran KSB yang berdomisili di luar KSB yang dibuktikan dengan KTP.

Ketua Dekranasda KSB Hj Hanifa Musyafirin didampingi Koordinator Lomba, Mars Anugerahinsyah dan Ketua Dewan Juri, Abdul Gani saat mengumumkan 20 peserta dengan karya terbaik lomba desain motif khas KSB

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat untuk mengikuti lomba ini sangat luar biasa dan hari ini kami akan mengumumkan peserta yang masuk 20 besar dari 55 orang peserta yang mengirimkan karyanya ke panitia,” ungkap Mars.

Adapun 20 peserta dimaksud adalah : Doni Supriadi, Doni Supriadi, Dewi Ade Gusfina, Citra Fatma Wardani, Joko Adi Saputra, Putri Fadilah, M Akhyudin, Desi Saputri, Adi Fitra Jaya, Iswanto Sudiro S.Pd, Alan Zuhri, Elsia Faradila Syahrani, Khadijah, Inul Daratista, Sulaiman, Anisa Safa Kamila dan Atiyah.

“Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu, tapi karya berbeda. Banyak peserta yang mengirim lebih dari satu, namun penilaiannya per karya yang dikirimkan,” jelas Mars.

Selanjutnya peserta yang masuk 20 besar akan mengikuti tahapan pendalaman materi karya secara langsung dengan dewan juri yang dijadwalkan pada tanggal 6 sampai 8 Oktober mendatang. Tahap pendalaman karya, kata Mars, dilaksanakan untuk mengetahui filosofi, makna dan autentikasi karya yang diikutkan lomba oleh para peserta. Selanjutnya akan dipilih 5 peserta dengan karya terbaik yang akan diumumkan pada november mendatang.

Sementara Ketua Dekranasda KSB yang juga inisiator lomba, Hj Hanifa W Musyafirin, menjelaskan, lomba diselenggarakan berangkat dari keinginan untuk menciptakan motif yang menjadi ciri khas KSB sekaligus dalam upaya mengembangkan minat dan bakat serta menggali potensi sumber daya manusia yang berdaya saing.

Motif khas KSB itu nantinya menjadi ciri khas yang akan diaplikasikan di semua sendi-sendi kehidupan masyarakat dan sebagai pemicu tumbuh dan berkembangnya industri kecil dan menengah di masyarakat.

“Sebelum diumumkan 5 motif terbaik, kita akan menggelar seminar dan meminta masukan dari para tokoh, termasuk bupati. Artinya 5 motif terbaik itu nantinya akan saling melengkapi untuk kita dapatkan satu motif yang menjadi ciri khas Kabupaten Sumbawa Barat,” ucap Hj Nani yang juga didampingi para dewan juri.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.