Dikbud KSB Harapkan Semua Guru Honor Lulus Seleksi PPPK

KabarNTB, Sumbawa – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengharapkan seluruh guru honor yang akan mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bisa lulus.

“Iya. Soal guru honor kita yang sedang siap tes PPPK, harapan kita pasti mereka semua dinyatakan lusus nantinya,” kata kepala Dinas Dikbud KSB, H. Mukhlis, Senin 27 September 2021.

H Mukhlis, Kepala Dikbud KSB

Menurut H. Mukhlis, harapan agar seluruh guru honor itu lulus tidak sekedar dari sisi pemenuhan tenaga pendidik yang selama ini masih terjadi kekurangan. Namun juga dari sisi guru sendiri, karena dengan diangkat menjadi PPPK maka kesejahteraan mereka secara otomatis akan lebih terjamin.

“Selama ini kan penghasilannya dalam bentuk honor dari Pemda yang besarannya disesuikan dengan kemampuan keuangan daerah. Tapi kalau jadi PPPK hak-hak mereka sama seperti guru PNS lainnya,” bebernya.

Ia juga menyinggung soal formasi yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Di mana ada dua formasi yang akhirnya dipastikan tidak bisa terisi seluruhnya karena kurangnya guru honor yang sesuai kualifikasi pendidikannya.

Hal itu tentunya menjadi sebuah kerugian bagi daerah.
Meski demikian, pihaknya tetap bersyukur karena pengangkatan guru PPPK tahun ini setidaknya bisa menutupi kekurangan guru yang dialami daerah selama ini. “Mudah-mudahan pada pengangkatan tahap II, formasi yang diberikan pusat bisa terisi semua,” katanya.

Untuk diketahui, ada 10 formasi yang diberikan Kemendikbud dengan kuota 337 guru kepada KSB pada pengangkatan PPPK tahap pertama ini. Namun ada 2 formasi yang dipastikan tidak bisa maksimal terisi karena kurangnya tenaga guru honor yang memiliki kualifikasi pendididikan sesuai dibutuhkan formasi tersebut.

Adapun kedua formasi itu, masing-masing guru TIK (teknologi informasi dab komunikasi) dan guru Seni Budaya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.