Potensi Wisata Pantai Kertasari

Selain potensi Rumput Laut, Desa Labuhan Kertasari juga di kenal sebagai desa wisata yang patut di kunjungi atau berwisata. Salah satu yang menjadikan favorit bagi wisatawan yaitu Pantai Kertasari yang terletak di perbtasan pulau Sumbawa dengan Pulau Lombok sehingga dekat dengan perbukitan dan beberapa Gili yaitu Gili Dua, Gili Sarang, Gili Karata, dan Gili Batu Rusung. Selain itu, pantai Kertasari juga memiliki dua spot gelombang yakni ombak Morok dan Batu Payung yang cocok untuk berselancar sehingga banyak aktifitas yang bias dilakukan mulai dari camping, surfing, sunset point, tracking mangrove, serta belajar budidaya rumput laut.

Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjug ke pantai Kertasari, selain menikmati suasana pantai, wisatawan juga akan di manjakan dengan kuliner tradisional dan mendapatkan souvenir, hasil olahan rumput laut, krajinan tangan, dan tenun tradisional khas Sulawesi.

Ketua Pokdarwis Labuhan Kertasari Maryunani Apyanto. D, S.Pi mengatakan, di pantai kertasari juga menyiapkan tempat-tempat olahraga seperti, olahraga Trabas, volli pantai, lari meraton, senam, road cycling, dan sampan dayung untuk para wisatawan baik itu loka maupun wisatawan mancanegara. Adapun wisatawan juga akan di manjakan dengan adanya pulau-pulau kecil, Gili yang berada di sekitar pantai kertasari.

Gella, seorang pengunjung Pantai Kertasari sedang menikmati pemandangan, Rabu (8/12). Saat akhir pekan, pantai kertasari banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Foto/KabarNTB/Nanang Kurniawan

“Wisatawan yang berkunjung ke desa labuhan kertasari akan dimanjakan dengan pemandangan pantainya yang berdekatan dengan pulau-pulau kecil dan gili-gili. Juga wisatawan juga bias belajar cara budidaya rumput laut dan cara membuat kain tenun,” bebernya kepada KabarNTB, Rabu (8/12).

Selain itu, di pantai kertasari wisatawan juga bias melakukan kegiatan menyelam, snorkeling, surfing, serta memancing, ini di karenakan bahwa pantai kertasari selain terkenal dengan pemandangan lautnya, juga di kenal dengan wisata bawa lautnya. Dimana, wisatawan dapart menikmati indahnya terumbu karang, dan juga wisatawan akan di kenalkan dengan permainan rakyat yaitu Lopi-lopi (Lomba Kapal Pinisi Miniatur), dan wisatawan juga bias tracking mangrove yang berada dekat dengan pantai kertasari.

” wisatawan yang akan berkunjung ke sini, akan dimanjakan dengan fasilitas dan pelayanan yang baik,”katanya.

Jadi, dari berkembangnya sektor pariwisata di desa labuhan kertasari, membuat perekonomian masyarakat setempat meningkat sehingga dinamakan Desa Wisata. Dimana, masyarakat setempat dulunya hanya berpenghasilan di sektor budidaya rumput laut, kini masyarakat setempat dapat mengelolah sektor pariwisata lain guna meningkatkan perekonomian.(*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.