Proyek SPAM Bintang Bano Mulai Dikerjakan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Kedepan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat, tidak akan kesulitan lagi dengan air bersih. Pasalnya pemerintah pusat dan daerah akan mulai mengerjakan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bintang Bano.

“Tahun ini akan dikerjakan pembangunan IPA (instalasi pengelola air), Resevoir dan bangunan pelengkap lainnya serta jaringan distribusi utama ke arah Brang Rea, Taliwang, Jereweh, Seteluk dan Poto Tano,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Pemukiman (DPUPRPP) melalui Kepala Bidang Cipta Karya Burhanuddin, ST, Rabu, 30 Maret 2022.

Kepala Bidang Cipta Karya DPUPRPP KSB, Burhanuddin, ST

Ia mengungkap, total anggaran untuk pembangunan SPAM bintang bano sebanyak 227 Milyar melalui sharing anggaran antara pemerintah pusat dan Provinsi.

Untuk jaringan distribusi layanan akan dikejar pembiayaannya melalui pemerintah Provinsi. “Perencanaan sudah kami siapkan (DED), kami akan bawa ke pemerintah Provinsi dan meminta sharing anggaran sebanyak 22 Milyar,” jelas Burhan.

Ia menuturkan, nantinya ada jaringan layanan akan didistribusikan ke masyarakat, karena SPAM bintang Bano terkenoneksi. Pembangunan jaringan distribusi utama akan dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasaranan Pemukiman Wilayah (BPPW) NTB Direktorat Jendral Cipta karya.

“Pelaksanaan pembangunan SPAM akan dibagi dua tahap, tahap pertama akan menelan 93 Milyar anggaran, dengan skema multiyears dan tahap kedua tahun 2024,” pungkasnya.(EZ)

Komentar