Saluran Meluap, Warga Seketeng Keluhkan Jalan Bau dan Becek

KabarNTB, Sumbawa – Warga Jalan Udang Kelurahan Seketeng, Sumbawa, mengeluhkan jalan yang kotor, becek dan mengeluarkan bau busuk. Sumbernya dari air kotor yang meluap dari saluran yang melintasi pasar seketeng.

Salah seorang Warga yang berdomisili di jalan Udang Siti Asiyah, mengaku kondisi itu telah berlangsung hampir dua bulan lamanya.

Kondisi luapan air saluran yang dikeluhkan warga karena menimbulkan bau tidak sedap dan membahayakan pengguna jalan

“Selama musim penghujan, saluran air penuh tanah dan pasir. Airnyapun meluap kejalan,tragisnya air yang meluber tersebut merupakan limbah rumah tangga dari warga yang tinggal disekitar lingkungan PPN. bukan itu saja Pintu air yang masuk ke saluran pembuang tertutup tanah sehingga meluap kejalan dan akibatnya jalanan jadi kotor, becek, kumuh dan berbau,” ungkapnya.

Idealnya, air limbah rumah tangga tersebut seharusnya mengalir kedalam drainase didepan SDN 12. Namun pintu masuk ke saluran itu tertutup.

Hal senada juga ditambahkan Johari, dalam hal ini ia menyarankan pihak terkait dalam hal ini pemda melalui Dinas tekhnis yang menanggani permasalahan tersebut turun dengan memperlebar pintu drainase.

” Warga Setempat berkali-kali mencoba membuka beton penutup saluran judith. tapi hal tersebut tak mungkin, karna berat beban beton tersebut harus mengunakan alat khusus dan tidak bisa dengan sistem manual mengunakan tenaga manusia,” jelasnya.

Dalam hal ini, warga setempat berharap adanya sebuah solusi atau trobosan baik itu dari dinas tekhnis dengan berkolaborasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan, hal itu penting karna luapan air yang membanjiri badan jalan utama yang ada di dalam kota merupakan air limbah yang sangat menganggu.(IR)

Komentar