SIKAP, Aplikasi Pengukur Kedisiplinan Guru dan Siswa di KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melounching SIKAP Dikbud, sebuah aplikasi baru untuk mengukur kondisi kerja dilingkungan sekolah, termasuk kehadiran para peserta didik (murid) tenaga pendidikan dan pendidiknya.

“Sistem kerja aplikasi ini, kepala sekolah akan melaporkan setiap hari kerja dimulai jam 07.15- 8.30 Wita melalui aplikasi tersebut. Nantinya di aplikasi SIKAP akan tertera kehadiran. Sementara untuk yang tidak hadir, dibackup dengan buku kehadiran,” jelas Kepala Dinas Dikbud KSB Khusnarti, S. Pd, Jum,at 21 Januari 2022.

Kepala Dikbud KSB, Khusnarti S.Pd saat lounching aplikasi SIKAP

Ia mengatakan, ada 3 model form didalam aplikasi tersebut, form satu diisi oleh kepala sekolah, form dua tertera semua sekolah yang datanya diisi dan dipindahkan oleh operator dikbud dan form 3 untuk dikalkulasikan kehadiran sekolah oleh dinas.

“Yang didata dari aplikasi SIKAP yaitu sekolah TK, SD dan SMP, kita akan terus mencoba memperbaiki aplikasi ini supaya lebih baik, sehingga bisa meningkatkan disiplin di dunia pendidikan,” ucapnya.

Menurut Khusnarti, salah satu indikator keberhasilan di semua instansi dan lembaga adalah kedisiplinan pegawainya. “Aplikasi SIKAP dilaunching pada tanggal 10 Januari 2022 langsung disosialisasikan dan mulai berlaku tanggal 21 Januari 2022,” imbuhnya.

Dia berharap semua kepala sekolah, agar melaporkan kehadiran tenaga pendidik, peserta didik dan pendidiknya dengan fakta sebenarnya.(EZ)

Komentar