BPBD Sumbawa Kirim Bantuan Tanggap Darurat untuk Korban Kebakaran Alas

    Bantuan tanggap darurat dikirimkan untuk para korban kebakaran yang menghanguskan 6 unit rumah di Alas Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa melakukan gerak cepat dengan mengirim bantuan tanggap darurat untuk korban kebakaran di Dusun Otak Desa Desa Juran Alas Kecamatan Alas.

Kebakaran yang menghanguskan 6 rumah dan merusak 6 serta sebuah mushallah itu terjadi Kamis (28/07) sore. Tak ada korban jiwa ataupun luka. Namun kerugian berkisar Rp 1 miliar. Sementara ini para korban yang terdampak kebakaran mengungsi kerumah tetangga dan kerabatnya.

“Semalam kami langsung meluncur ke lokasi,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbawa, DR Rusdianto AR MPd kepada KabarNTB.com, Jumat (29/07).

Pada kesempatan itu sambung Rusdianto, pihaknya menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa makanan instan dan air kemasan. “Tadi malam, kami kirim mie instan dan air minum. Siang ini (Jumat, 29/07) kami kirim selimut dan pakaian layak pakai,” tambah Anto sapaan akrabnya.

Namun untuk terpal sebagai hunian sementara para korban, Anto mengatakan stok tak tersedia di BPBD Sumbawa. Pihaknya mengupayakan material itu ke BPBD Provinsi NTB.

“Stok terpal habis. Kami masih koordinasi dengan provinsi,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Anto menghimbau warga untuk waspada bahaya kebakaran pada musim kering dan angin kencang seperti pada saat ini.

“Kami himbau warga dan semua pihak untuk waspada. Pastikan mematikan sumber-sumber percikan api seperti aliran listrik, dan kompor,”.

“Juga jangan lupa menginfokan pada tetangga bila sewaktu meninggalkan rumah agar ada pengawasan,” tambahnya.(IR)

Komentar