Disnakertrans Bahas SOP Rekrutmen Pekerja Konstruksi Smelter

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Barat (Disnakertrans KSB) melakukan pertemuan bersama perawakilan PT. AMNT, PT. AMIN, dan PT. PIL membahas Standar Operasional Prosedur (SOP) rekrutmen tenaga kerja proyek konstruksi smelter.

Kadisnakertrans H Muslimin mengatakan, embahasan tersebut bertujuan memudahkan pelamar dalam memilih spesifikasi jenis pekerjaan yang akan dilamar, termasuk time schedule, pelaksanaan, sampai dengan pengumumannya.

Kadisnakertrans KSB, H Muslimin

“Untuk hari ini kami membahas SOP rekrutmen, karena hal tersebut harus di atur prosesnya secara detail,” kata Muslimin usai pertemuan, Kamis (21/07/22).

Ia menjelaskan, pelaksanaan rekrutmen akan dibuka awal agustus 2022 secara online dan offline sampai tahun 2023 dengan jumlah total 1.200 pelamar lokal Kabupaten Sumbawa Barat. Setelah SOP selesai akan dilakukan sosialisasi tim terpadu serta pola rekrutmen kecamatan dan diteruskan ke Desa/Kelurahan pada bulan Juli ini.

Ia juga berharap peran aktif dari Camat, Kades dan Lurah agar betul-betul mengawal dan mengarahkan warganya yang akan melamar.

Disnakertrans KSB telah membuat inovasi dalam proses rekrutmen tenaga kerja melalui aplikasi bernama “SIPKANTI” (Sistem Informasi Pelamar Tenaga Kerja Terintegritas).

“Aplikasi ini bertujuan merekrut tenaga kerja secara transparan serta lebih bersahabat dengan pelamar kerja,” tutup Muslimin.(NK)

Komentar