Pastikan Tenaga Lokal Jadi Prioritas Disnakertrans KSB Libatkan Dukcapil

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Barat (Disnakertrans KSB) segera membentuk tim Rekrutmen Terpadu dan Terintegrasi untuk pelaksanaan rekrutmen tenaga kerja proyek konstruksi smelter.

Kepala Disnakertrans KSB, H. Muslimin HMY, menjelaskan, tim rekrutmen terpadu dan terintegrasi akan melibatkan stekholder terkait, salahsatunya Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil) untuk mengetahui jumlah tenaga kerja yang telah bermigrasi ke Sumbawa Barat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KSB, H Muslimin HMY

“Ini kita lakukan karena kita khawatir mana yang lokal dan yang tidak, kalo itu terjadi dengan banyaknya migrasi yang masuk ke KSB, secara hakikatnya tidak mengurangi pengangguran ” ujar Muslimin di ruang kerjanya, Jumat 8 Juli 2022.

Menurutnya salah satu program prioritas Pemda KSB adalah mengurangi pengangguran. Karena itu proses rekrutmen tenaga kerja harus dilakukan secara teliti dan baik.

“Tahun 2020 tingkat pengangguran di KSB sebanyak 5,50%, sedangkan di tahun 2021 meningkat menjadi 5,52%. Ini di sebabkan adanya tambahan tenaga kerja yang masuk dari luar,” ucapnya.

Dengan adanya Tim Rekrutmen Terpadu dan Terintegrasi, Muslimin berharap tenaga kerja lokal menjadi pioritas.(NK)

Komentar