Bayi Baru Lahir Dibuang di Ladang, Ditemukan Warga Masih Hidup

KabarNTB, Lombok Timur– Warga Dusun Barang Bantun Desa Pringgabaya Utara, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur gempar atas penemuan bayi berjenis kelamin perempuan di ladang milik salah seorang warga, Jum’at pagi 26 Agustus 2022.

Bayi malang itu ditemukan masih dalam keadaan hidup terbungkus kain jarik di atas berugak di ladang milik Solatiah.

Kasi Humas Polres Lombok Timur, Iptu Nocolas mengatakan Kapolsek Pringgabaya AKP Totok Suharyanto bersama Kanit Reskrim dan anggotanya langsung menuju TKP begitu mendapat laporan tentang penemuan bayi dimaksud.

Bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh saksi Saharudin dan Inaq Juhandi warga setempat.

“Pada saat ditemukan oleh saksi, bayi perempuan tersebut masih hidup dan terbungkus kain jarik warna merah,” ungkap Nocolas.

Bayi tersebut diduga baru di lahirkan oleh ibunya dan sengaja di buang dan di letakkan di atas brugak di ladang pinggir jalan.

“Saksi Saharudin mengetahui keberadaan bayi itu karena ada ibu ibu yang tidak di kenal lewat depan rumahnya memberitahukan ada bayi di brugak. Selanjutnya saksi bersama Inaq Johandi menuju brugak tersebut dan benar ada bayi,” beber Nocolas.

Aparat Kepolisian langsung berkoordinasi dengan tim kesehatan dari puskesmas Labuhan Lombok untuk memeriksa keadaan bayi tersebut. Tim kesehatan menyarankan untuk membawa bayi tersebut ke Puskesmas Labuhan Lombok untuk dilakukan perawatan.

“Hasil pemeriksaan tim medis Puskesmas Labuhan Lombok kondisi bayi dalam keadaan sehat, perkiraan waktu dilahirkan dibawah 6 jam dari saat ditemukan.  Berat bayi 2,5 kg dengan panjang 47 cm,”.

Bayi tersebut selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur untuk dilakukan perawatan dan pengawasan di Dinas sosial provinsi NTB.(JK)

iklan

Komentar