Kementerian Investasi BKPM Lirik KSB sebagai Lokasi Proyek Prioritas Strategis Budidaya Perikanan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dilirik oleh Kementerian Investasi
/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai lokasi investasi proyek prioritas strategis yang siap ditawarkan, pada sektor sumber daya alam (Klaster Perikanan dan Peternakan) melalui proyek perikanan budidaya komoditas udang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) KSB, Tajuddin
M.Si mengatakan, untuk tahap awal akan dilaksanakan penyusunan peta peluang investasi untuk menginventarisir wilayah yang potensial untuk pengembangan sektor dimaksud.

Kepala DPMPTSP KSB, Drs. Tajuddin, M.si

“Kementerian Investasi BKPM akan melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah terkait rencana penyusunan peta peluang investasi ini dengan melibatkan seluruh stake holder terkait,” ujar Tajuddin, Senin 22 Agustus 2022.

Menurutnya, penyusunan peta potensi merupakan bagian penting dari rencana pelaksanaan program tersebut agar tidak bertentangan dengan RTRW wilayah, ruang lingkup, pemenuhan aspek legal, tekhnis dan pasar.

“Kementerian terkait juga perlu mengetahui arah pengembangan dan dukungan kebijakan daerah dalam pembangunan proyek perikanan budidaya komoditas udang di KSB, strategi dan kebijakan terkait tata guna lahan, arah kebijakan dan dukungan tekhnis Pemda di sektor perikanan dan lokasi potensial serta arah kebijakan pembangunan terkait tata ruang yang nantinya akan dipaparkan Bappeda, BPN, Dinas Perikanan serta PUPR dalam Rakorda yang akan dilaksanakan tanggal 28 Agustus mendatang di Mataram,” imbuh Tajuddin.

Ia berharap seluruh proses dapat berjalan lancar sehingga harapan pemerintah dan masyarakat KSB sebagai bagian dari proyek strategis prioritas investasi di bidang budidaya perikanan komoditas udang bisa terealisasi.

“Banyak dampak positif bagi daerah dan masyarakat jika proyek ini bisa terealiasi, termasuk untuk peningkatan perekonomian masyarakat,” tandasnya.(EZ)

Komentar