Pemda KSB Harapkan Ekspedisi Talonang Berdampak Positif untuk Pembangunan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sekda Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah mengapresiasi pelaksanaan Ekspedisi Talonang yang digelar PWI Sumbawa Barat selama tiga hari sejak tanggal 22 hingg 24 Agustus.

Sekda berharap kegiatan yang diikuti 20 orang wartawan itu mampu memberikan edukasi ke masyarakat terkait program pembangunan dan dampak positif bagi pengembangan sosial ekonomi masyarakat.

“Talonang Baru, lokasi digelarnya ekspedisi ini sekarang menjadi sangat seksi. Kami harap PWI bisa mengeksplore potensi disana sehingga bisa memberikan masukan kepada pemerintah tentang pengembangan Talonang umumnya wilayah selatan KSB,” harap sekda saat melepas 20 anggota PWI peserta Ekspedisi Talonang 2022,  Senin pagi 22 Agustus 2022.

Sekda mengatakan, sejauh ini pemerintah sudah cukup maksimal mendukung pembangunan di Desa Talonang. Salah satunya infrastruktur berupa jalan  sehingga Talonang Tidak lagi menjadi Desa terpencil karena jalan menuju desa paling selatan KSB itu sudah di hotmix.

“Tapi kami berharap kawan peserta ekspedisi membisa membuat selayang pandang tantang Talonang dan berbagai dinamika masyarakat  disana dengan bahasa wartawan. Ini tentu bisa menjadi masukan yang baik bagi Pemda,” harapnya.

Sekda juga berharap PWI Sumbawa Barat mampu memberikan edukasi kepada masyarakat. Terutama berkaitan dengan sejumlah program yang saat ini sedang dilaksanakan pemerintah.

Sementara itu, Ketua PWI Sumbawa Barat, Hairil W Zakariah mengatakan, ekspedisi akan dipusatkan di Desa Talonang Baru Kecamatan Sekongkang dengan berbagai agenda. Agenda – agenda tersebut merupakan bagian dari upaya mendukung investasi berkelanjutan yang memiliki komitmen kuat untuk pelestarian lingkungan dan memberi azas manfaat untuk masyarakat.

“Wartawan yang menjadi peserta ekspedisi nantinya akan mengeksplore potensi pariwisata, pertanian, upaya pelestarian lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat di wilayah selatan,” katanya.

Ekspedisi Talonang merupakan kerjasama PWI dengan PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN). Ada juga donasi untuk siswa kurang mampu di sekolah satu atap di Desa Talonang Baru sebagai bentuk dukungan untuk keberlangsungan pendidikan anak-anak di desa setempat.

Agenda lain dari Ekspedisi Talonang adalah kunjungan tambang ke Site Batu Hijau untuk melihat langsung program reklamasi, kunjungan ke lokasi pabrik smelter yang masa konstruksinya akan dimulai pada oktober mendatang, serta kunjungan ke Kampung Ombak di Kecamatan Maluk terkait program pendidikan vokasi yang telah dilaksanakan AMMAN.

“Seperti diketahui sejumlah lulusan program pendidikan vokasi yang notabene adalah putra putra lingkar tambang telah sukses dan berhasil meraih peluang kerja baik di dalam negeri, bahkan di luar negeri. Harapan kami ketika keberhasilan ini terpublish melalui karya jurnalistik kawan-kawan, bisa menjadi contoh sukses dan motivasi bagi generasi muda KSB lainnya,” beber Hairil.(*)

Komentar